15 C
Munich
Kamis, Mei 30, 2024

Pemkab Bintuni Tunggu Arahan Pemprov Pabar soal New Normal

Must read

BINTUNI, JAGATPAPUA.com – Pemkab Teluk Bintuni menunggu arahan dari Pemerintah Provinsi Papua Barat dan Satgas Covid-19 Kabupaten Teluk Bintuni, terkait penerapan new normal. Saat ini Pemkab tengah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi new normal.

“Pada dasarnya, kami masih menunggu petunjuk dari pemprov, sebagaimana biasanya disampaikan melalui surat edaran gubernur yang ditujukan kepada Pemkab/kota,” kata Bupati Kabupaten Teluk Bintuni, Ir. Petrus Kasihiw, Jumat (5/6/2020), disela-sela penyerahan paket sembako oleh pemprov Papua Barat.

Selain itu, Bupati juga mengaku pihaknya akan tetap melakukan konsultasi dalam rangka menyiapkan regulasi mendukung protokol kesehatan Covid-19, sehingga ketika new normal diberlakukan, regulasi tersebut sudah siap dan wajib dijalankan oleh masyarakat, mengingat status Bintuni masuk kategori zona merah.

“Untuk memutus mata rantai Covid-19, saya berkomitmen teguh mengharuskan masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan. Kalau ada kegiatan kita tetap berkonsultasi dengan Satgas Covid-19,” ucap Bupati.

Bupati juga menyampaikan dalam rangka penanganan Covid-19 Pemkab Bintuni membentuk dua tim penanganan, yaitu Tim Satgas Covid-19 dan Tim Penanganan Dampak Ekonomi yang melibatkan semua OPD.

Serta telah melakukan pemeriksaan rapid test kepada 1.696 orang dengan 201 hasil reaktif, dan pemeriksaan PCR di RSUD Bintuni sejak 15 Mei 2020, dari 540 pemeriksaan hasilnya 44 positif dan 35 sembuh tidak ada yang meninggal.

Selain itu, Bupati juga mengapresiasi tim Covid-19, yang telah bekerja maksimal, sehingga banyak pasien yang sembuh. Ada menyediakan beberapa tempat karantina baik mandiri maupun terpusat di Kampung Basina, dan sedang membangun tambahan unit layanan.

“Berkaitan dengan dampak ekonomi dan sosial, Pemda telah dua kali memberikan bantuan sembako sesuai instruksi pemerintah pusat dan provinsi, dan ada bantuan dari sejumlah donatur termasuk Dandim dan Polres. tahap pertama sekitar 7.500 bantuan sembako, tahap kedua sudah mengcover 20.565 penerima bantuan,” ucap Bupati.(alb)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta