8.6 C
Munich
Jumat, Februari 23, 2024

Minta Marwah KONI Papua Barat Bangkit, Ketua SIWO PWI Juga Apresiasi Peran Pemerintah

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Ketua Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) Provinsi Papua Barat, Adrian Kairupan, meminta agar Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua Barat bisa bangkitkan semangat dan marwah olahraga di Wilayah Provinsi Papua Barat, semakin lebih baik.

Hal itu disampaikannya kepada sejumlah awak media di Manokwari, selasa (10/10/2023), dalam suasana Kopi Darat (Kopdar), dengan beberapa rekan sesama kuli tinta di Wilayah Manokwari.

Dalam kesempatan itu, Adrian mengatakan kedepan SIWO PWI Papua Barat ingin meningkatkan kerjasama dan selalu bersinergi dengan semua pemangku jabatan atau stakeholder dan sektor swasta dalam memajukan olahraga berprestasi di Wilayah Papua Barat.

Sebagaimana komitmen pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan kemitraan para swasta di daerah lainnya di indonesia turut mendukung Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) berpartisipasi mensukseskan ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas), mewakili daerah / provinsi diajang nasional.

Seperti diketahui, Porwanas merupakan ajang olahraga dan silaturahmi di antara SIWO PWI provinsi di seluruh Indonesia yang digelar setiap empat tahun sekali.

“Saya yakin kalau kita semua berupaya dengan sekuat tenaga memberdayakan seluruh potensi untuk bersinergi dan memberikan kontribusi yang nyata, bukan hal yang mustahil kita dapat bersama – sama mewujudkan kebangkitan dan pengelolaan olahraga di wilayah papua barat yang lebih baik. Sehingga sebagai ketua SIWO PWI Papua Barat, mengaharapkan agar kedepan Marwah KONI Papua Barat ini bisa bangkit dan lebih maksimal menggairahkan lagi semangat olahraga, dari setiap Pengprov atau Cabang – Cabang olahraga yang telah ada,”Ucap Ketua SIWO PWI Papua Barat, Adrian Kairupan.

Diungkapkannya, para jurnalis yang tergabung dalam PWI maupun SIWO PWI adalah juga bagian yang penting untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia, termasuk di Wilayah Papua Barat.

“Hanya dengan kerjasama yang baik maka semua apa yang terkandung di dalam Desain Besar kebangkitan Olahraga akan tersosialisasi dengan baik. Kami para wartawan tidak hanya mahir dalam keahlian menulis, tetapi juga dengan wadah yang telah ada, kami mampu berprestasi di bidang olahraga,”Ungkapnya.

Adrian lalu menambahkan, bahwa KONI sebagai wadah pengelolaan olahraga di Wilayah Papua Barat, tentu saja harus mendapatkan dukungan dari Pemerintah Daerah. Sehingga dalam pembangunan olahraga prestasi di wilayah papua barat terus dilakukan secara konsisten.

Hal itu tentu menilik kembali pesan Letjen TNI Purn Marciano Norman dalam kunjungannya di Manokwari, melantik ketua umum dan badan pengurus KONI Papua Barat periode 2022-2026.

Marciani Norman dikesempatan itu berpesan, agar pengurus KONI Papua Barat segera melakukan evaluasi tata kelola organisasi, melihat serius pembinaan olahraga prestasi, dan melakukan evaluasi hasil yang di capai pada PON 20 Papua. Harapannya, agar pada saat pelaksanaan PON Aceh 2024 dapat diidentifikasi sejak dini dalam hal peningkatan prestasi atlet nantinya.

“Tentu kalau KONI mendapatkan dukungan Pemerintah Daerah maka harapannya kedepan program – program cabang olahraga ini seyogiayanya harus berjalan sesuai rell dan aturannya. Maka sebab itulah, harapan kami jikalau Marwah KONI Papua Barat bangkit, sebagaimana pesan Ketua Umum KONI Pusat, sudah tentu kepercayaan pemerintah ini akan ada. Kami dari SIWO PWI juga sangat mendukung itu. Apalagi ini menjelang pelaksanaan PON 2024, dan SIWO PWI juga punya beberapa program Pekan Olahraga dikalangan Kewartawanan dan kemitraan yang menjadi agenda awal dan akan dijalankan menyongsong pelaksanaan PORWANAS 2024 di Aceh juga,”Paparnya

“Sehingga dari sinilah harapan kami SIWO PWI Papua Barat kami ingin adanya sinergitas bersama wadah – wadah pembinaan olahraga semisal KONI Papua Barat, serta Pemerintah Provinsi agar bersama menggairahkan pelaksaaan event – event olahraga di wilayah Papua Barat, agar akan banyak muncul atlet – atlet potensial sesuai bidang dan bakatnya, serta siap mengharumkan nama Papua Barat di setiap ajang daerah maupun nasional,”Tambahnya mengharapkan.

Adrian juga menambahkan, dirinya mengapresiasi dukungan Pemerintah Provinsi Papua Barat, yang terus melakukan evaluasi didalam tubuh KONI, serta mendukung program KONI. Sebab KONI merupakan wadah, dan mesti mendapat dukungan dari pemerintah daerah.

“Kita akan support, dan ini adalah bentuk apresiasi buat KONI untuk lebih baik. Kami juga apresiasi Pemerintah Provinsi Papua Barat yang terus berupaya membangkitkan gairah pelaksanaan beberapa event olahraga di Wilayah Papua Barat. Salah satu contoh seperti Gelaran sirkuit nasional voli pantai satu yang dihelat di Pantai Petrus Kafiar Amban, Kabupaten Manokwari resmi dibuka oleh penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw belum lama ini, dan beberapa event olahraga lainnya,”Tandasnya.(jp/rls)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta