5.1 C
Munich
Senin, Maret 4, 2024

Lima Plt Kadis Yang Baru Diimbau Lakukan ‘Cash Opname’ Dan Percepat Realisasi Anggaran

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com–Pj Sekda Papua Barat Yacob Fonataba mengimbau kepada lima Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas yang baru agar melakukan cash Opname (pemeriksaan kas secara fisik) dan mempercepat realisasi anggaran.

“Yang pertama lakukan cash opname dulu sehingga bisa tahu posisi anggaran yang masuk ke pimpinan atau pejabat yang lama dan Plt baru. Jadi mulai dari posisi anggaran karena ini penting,”kata Yacob Fonataba kepada awak media, Rabu (18/10/2023) di Kantor Gubernur.

Selanjutnya, mempercepat realisasi anggaran mengingat tersisa sekira dua bulan efektif, yakni November dan Desember 2203.

“Yang berikut adalah saya minta kepada plt untuk melaksanakan tugas pemerintahan ini sesuai tupoksi,”ujarnya

Fonataba juga mengatakan bahwa saat ini TAPD sedang menyiapkan KUA PPAS APBD Induk T.A 2024.

“Jadi para plt ini juga membantu dalam hal usulan program-program untuk diakomodir dalam APBD Induk 2024,”sebut Pj Sekda.

Terkait penyerapan tambah Pj Sekda, hingga pertengahan November 2023 sudah di atas 50 persen.

Menurut ia, penyerapan yang terkesan lambat tersebut bukan karena dipengaruhi oleh rotasi jabatan tetapi pekerjaan kontraktual itu yang mempengaruhi.

“Kalau rotasi tidak terlalu berpengaruh karena yang bekerja itu staf sedangkan pemimpin itu mengendalikan dan mengontrol yang terjadi keterlambatan itu karena adanya pembagian anggaran dengan provinsi Papua Barat Daya,”tutur Pj Sekda Fonataba.

Ia pun optimis penyerapan anggaran Pemprov bisa mencapai 100 persen pada Desember 2023.

Sebelumnya Pj Sekda telah menyerahkan SK Plt Kepala Dinas kepada lima pejabat baru yaitu Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua Barat Melkias Werinussa SE.,MH menggantikan Jacobis Ayomi.

Selanjutnya Plt Kepala Badan pengembangan sumber daya manusia (BPSDM) Papua Barat Nicolas Uttung Tike SE.MM, menggantikan Eduard Nunaki.

Plt Kepala Dinas PUPR Papua Barat Najamudin Bennu ST menggantikan Yohanes Momot.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat dr Feny Mayana Paisey, menggantikan Otto Parorongan. Dan Plt kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan Papua Barat Kundrat Pattipi menggantikan George Yarangga dan Plt kepala dinas sebelumnya.
(jp/ask)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta