5.1 C
Munich
Senin, Maret 4, 2024

KPU Kabupaten Mansel Gelar Rakor Bahas Finalisasi Pengisian dan Verifikasi Nama Caleg

Must read

RANSIKI, JAGATPAPUA.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) menggelar rapat kordinasi (Rakor) finalisasi pengisian dan verifikasi nama calon anggota DPRD dalam surat suara, di Kantor KPU Mansel, Rabu (1/11/2023).

Dalam proses verifikasi ini, setiap partai politik diberikan waktu untuk melakukan pengecekan nama masing-masing Caleg, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penulisan nama dan gelar dalam surat suara.

Pada kesempatan tersebut, Plh Ketua KPU Mansel Emanuel Nuba menuturkan KPU Mansel sudah melewati berbagai tahapan, mulai dari pengajuan calon, verifikasi, perbaikan, hingga akan mengumumkan Daftar Calon Tetap (DCT) pada 3 November 2023.

“Dalam setiap kerja KPU, selalu mengedepankan prinsip keadilan, jujur dan bertanggungjawab. Maka tidak ada keberpihakan, dan kita menjunjung tinggi prinsip independesi dan netralitas,” tuturnya.

Emanuel Nuba kemudian menegaskan, agar setiap calon anggota DPRD Mansel, harus memenuhi setiap persyaratan yang diamanatkan Undang-Undang, termasuk mengundurkan diri dari setiap profesi yang tidak diperbolehkan mengikuti Pileg 2024.

“Pekerjaan itu contohnya Kepala Desa, ASN serta profesi lain yang tidak diperbolehkan mengikuti Pileg, sesuai amanat Undang-Undang,” ujarnya.

Iya kemudian meminta agar setiap Parpol bisa secara jujur mengadministrasikan setiap Caleg yang diusung.

“Kalau dalam tahapan ini ada yang belum secara jujur dalam mengadministrasikan, maka kita akan tetap tegak lurus sebagaimana pekerjaan yang dilarang Undang-Undang. Karena kerja-kerja KPU juga selalu diawasi oleh Bawaslu, maka banyak masukan dari Bawaslu ke KPU, terhadap pekerjaan-pekerjaan yang dimaksud,” pungkasnya.(jp) 

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta