13.8 C
Munich
Selasa, Mei 28, 2024

Kesbangpol Diminta Gencar Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan Bagi Generasi Muda

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Derasnya perkembangan arus globalisasi dan informasi teknologi tentu sangat berpotensi mengganggu karakter kebangsaan terutama dikalangan generasi muda.

Ketua Komisi A DPRD Manokwari, Masrawi Aryanto, mengatakan pemerintah melalui Badan Kesbangpol memiliki peranan penting mengedukasi dan meningkatkan wawasan kebangsaan bagi para generasi muda.

Hal tersebut dikatakan Masrawi, saat menggelar hearing bersama Badan Kesbangpol Manokwari, Jumat (11/10/2019).

“Badan Kesbangpol perlu mengaktifkan kembali sosialisasi wawasan kebangsaan terutama bagi kalangan muda. Apalagi pengetahuan wawasan kebangsaan bagi generasi muda mulai tergerus,” ucapnya.

Selain itu, Masrawi juga menyinggung dana pembinaan bagi Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Panguyuban, serta menjamurnya pembentukan Paguyuban, karena itu dinilai berpotensi adanya gesekan antar suku.

“Memang keberadaan Paguyuban positifnya bisa lebih mudah menghimpun suku-suku di Manokwari. Tapi juga harus diantisipasi karena bisa muncul ego kesukuan,” tambah dia.

Hal ini juga dibenarkan oleh anggota DPRD Manokwari Siswanto. Ia mengkawatirkan menjamurnya pembentukan Paguyungan, maka akan terjadi persaingan satu sama lain.

Sementara, Kepala Kesbangpol Manokwari Jaka Mulyanta, mengaku dalam melaksanakan sosialisasi wawasan kebangsaan pihaknya terbentur pada ketersediaan anggaran.

“Kita akan laksanakan sosialisais jika itu masuk dalam DPA. Memang beberapa tahun ini tidak bisa dilaksanakan, karena tidak ditopang anggaran. Sehingga kami berharap dewan bisa mendukung program dari Kesbangpol,” terangnya.

Sementara, anggaran bagi Ormas atau Paguyuban akan disesuaikan dengan alokasi anggaran dalam DPA. Besarnya anggaran setiap Ormas mulai dari Rp8 juta hingga Rp15 juta. Ini tergantung pada jumlah anggota dari Ormas tersebut.

“Selama ini kita hanya memverifikasi dan melihat data dari Ormas. Sesuai data ada 65 ormas yang menerima dana pembinaan,” tutupnya.

Komisi A DPRD, pada pertemuan itu berkomitmen agar ditahun depan, Kesbangpol mendapat porsi anggaran yang memadai untuk menunjang tugasnya.(tik)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta