5.6 C
Munich
Selasa, April 16, 2024

Festival Seni dan Budaya Papua Barat Resmi Ditutup

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Festival Seni Budaya Papua Barat resmi ditutup, Jumat (11/10/2019) malam. Festival ini berlangsung sejak tanggal 8 Oktober 2019 di Manokwari.

Pada acara puncak Festival yang digelar setiap tahun ini ditutup oleh Gubernur Papua Barat, yang diwakili Asisten III Setda Provinsi Papua Barat, Reymond Yap.

Pada acara penutupan, dia mengatakan Kegiatan ini didanai Pemrov setiap tahun guna memberikan wadah kepada para seniman dan budayawan untuk menampilkan hasil karyanya.

Selain itu, dia mengungkapkan pada Festival Seni dan Budaya ini perlu diambil nilai maknanya, dan perlu dijaga kelestariannya oleh para generasi muda Papua.

“Kegiatan ini telah berakhir, generasi muda harus tetap maknai nilai-nilai yang terkandung dalam seni dan budaya, untuk terus diangkat dan dijaga kelestariannya agar tidak hilang,” sebutnya.

Dia juga meminta pada pagelaran kali ini, perlu dijadikan bahan evaluasi untuk menampilkan kreativitas penggarapan karya seni dalam memperkenalkan ciri khas kebudayaan daerah sehingga dapat menampilkan khasana seni budaya daerah di Provinsi Papua Barat.

“Ini merupakan kegiatan Nasional dan menjadi program di Kementrian Pariwisata RI, yang masuk dalam 100 Wonderful Event 2019,” tuturnya.

Sementara pada Festival Seni dan Budaya, kali ke 7 ini diwarnai kegiatan Lomba diantaranya, Tari Kreasi Baru, Lomba Musik Tradisional, Lomba Volk Song (Lagu Rakyat Papua), Lomba Body Painting dan Lomba Tari Pergaulan Yosim Pancar.

Tak ketinggalan Lomba Kuliner Khas Papua Barat, dan pameran benda-benda Budaya, yang diikuti 300 peserta dari 12 kabupaten/kota. Keluar sebagai juara umum Kabupaten Tambrauw yang memperoleh piala bergilir Tifa Emas.(chl)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta