-1.5 C
Munich
Sabtu, Januari 28, 2023

Kehadiran “Tongkonan” Membuat Bangga Pemerintah Dan Masyarakat Manokwari

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Berdiri megah di Puncak Soribo, “Tongkonan (rumah adat suku Toraja) membuat bangga Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Manokwari.

“Pemerintah Manokwari merasa bangga dengan kehadiran tongkonan, karena ini menjadi destinasi baru di kabupaten Manokwari, ini juga bisa menghasilkan income bagi kabupaten Manokwari dengan banyak orang akan datang ke tempat ini,”kata Bupati Manokwari, Hermus Indou SIP.,MH pada Peresmian Tongkonan, Senin (9/5/2022) di Soribo Manokwari.

Tongkonan dan rumah kaki seribu tersebut menjadi sebuah kekayaan budaya Indonesia tetapi juga kekayaan budaya daerah di provinsi Papua Barat dan kabupaten Manokwari.

“Selamat datang kepada seluruh masyarakat Toraja dan terlebih khusus bupati Toraja utara dan sebagian keluarga Toraja di seluruh tanah Papua dan juga yang datang langsung dari tanah toraja ke kabupaten Manokwari untuk menyaksikan peresmian Tongkonan,”ungkap Bupati

Menurut Bupati, Keberadaan masyarakat Toraja di kabupaten Manokwari berdampak pada kelancaran dan kesuksesan pembangunan di kabupaten Manokwari, dan untuk itu masyarakat Toraja mempersatukan diri dalam sebuah wadah organisasi yaitu ikatan kerukunan keluarga Toraja (IKT).

Juga sebagai upaya untuk menghormati eksistensi dan juga keberadaan masyarakat Toraja di tanah Papua dan di kabupaten Manokwari, masyarakat Toraja membangun tongkonan.

“Yang bersamaan dengan membangun rumah kaki seribu secara berdampingan, yang artinya dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung,”ujarnya

Harus disadari bahwa semuanya ini, bagian dari panggilan Tuhan untuk masyarakat Toraja bersama-sama dengan Suku bangsa lainnya di seluruh Indonesia menghidupkan pembangunan peradaban di tanah papua.

Juga masyarakat Toraja di panggil ketanah Papua untuk menerima berkat dan diberkati oleh Tuhan yang maha Kuasa di tanah Papua, karena panggilan Tuhan itulah maka tidak secara kebetulan masyarakat Toraja ada di tanah Papua.

Ia menyebut, Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, kedepan tak hanya dilihat dari jumlah penduduk tetapi kepemilikan kebudayaan keanekaragaman suku budaya sebagai anugerah Tuhan.

Untuk membangun harga diri, martabat terlebih khusus membangun martabat setiap Suku baik Suku Toraja maupun Suku nusantara lainnya di tanah Papua.

“Mari kita jaga dan kita lestarikan Tongkonan ini sehingga kebesaran Indonesia tetap terjaga dan dilestarikan selamanya,”ajak Bupati

Hermus juga memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Toraja di Manokwari, juga suku lainnya yang telah berkontribusi terhadap pembangunan di daerah Manokwari.(jp/alb)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta