4.1 C
Munich
Selasa, Februari 27, 2024

Ini Tiga Nama Calon Pj Gubernur Yang Resmi Diusulkan DPR PB Ke Kemendagri RI

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com–DPR Papua Barat akhirnya menyepakati dan menetapkan 3 nama untuk diusulkan ke Kemendagri agar dipilih sebagai calon Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat.

Tiga nama Calon Penjabat yang disusulkan 7 fraksi itu ditetapkan lewat rapat Paripurna, Kamis (5/10/2023) di Hotel Aston Niu Manokwari.

Pj Gubernur yang kemudian ditunjuk oleh Kemendagri akan menggantikan Pj Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw M.Si yang akan purna tugas pada tanggal 25 Oktober 2023.

Adapun tiga nama yang telah disepakati oleh Pimpinan DPRD dan anggota fraksi yakni Velix Wanggai, Dr Yacob Fonataba dan Valentinus Sudarjanto Sumito S.IP.

Berdasarkan Hasil poling Velix Wanggai mendapat skor 7 atau skor tertinggi pertama dari Dr Yacob fonataba mendapat skor 6 atau skor tertinggi kedua, selanjutnya Valentinus mendapatkan skor 5 tertinggi ketiga dibandingkan 5 Nama Calon lainnya yang diusulkan Fraksi.

Diketahui, Velix Wanggai saat ini menjabat sebagai Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan, Sekretariat Wakil Presiden RI.

Valentinus Sudarjanto Sumito S.IP sebagai Direktur Penataan Daerah Otonomi Khusus (Otsus) dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (Otda) Dirjen Otda Kemendagri RI. Dan Dr Yacob Fonataba sebagai Pj Sekda Papua Barat.

Ketua DPR Papua Barat, Orgenes Wonggor SIP mengatakan, tiga nama tersebut sudah ditetapkan, untuk itu selanjutnya direncanakan Senin (9/10/2023) pekan depan dibawa ke Kemendagri RI untuk menunjuk salah satu dari tiga nama yang diusulkan tersebut.

“Siapapun yang ditunjuk kita harus mendukung, saya berharap kepada seluruh masyarakat agar tetap menerima keputusan presiden melalui Mendagri,”harap Wonggor.(jp)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta