8.3 C
Munich
Sabtu, Februari 24, 2024

IKN Manokwari Gelar Raker I Usung Tema ‘Kobe Oser Kosambrauw Ma Kobawes’

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Ikatan Keluarga Numfor (IKN) Kabupaten Manokwari menggelar Rapat Kerja (Raker) 1 tahun 2023 dengan mengusung tema “Kobe Oser Kosambrauw Ma Kobawes” dan sub tema “Melalui Raker I IKN kita bangun konsolidasi yang kuat dan mandiri dalam menghadapi tantangan masa depan”.

Raker I Ikatan Keluarga Numfor itu digelar di Aula Hotel Solideo SMK 3 Manokwari, pada Sabtu (16/12/2023). Dihadiri Kepala Suku Besar Arfak Drs Dominggus Mandacan M.Si juga sebagai sesepuh IKN, Bupati Manokwari yang di wakili Plt Kepala Bapenda Manokwari Sius N Yenu, Ketua IKN Manokwari Agus Sroyer, serta Mananwir suku Byak.

Turut hadir juga Bin Syowi Liliyani Orisu, Mananwir Keret, mananwir Mnu, dan mananwir Bar. Serta para calon anggota DPRD Kabupaten Manokwari dan Provinsi Papua Barat asal suku byak. Juga Calon anggota DPR-RI Muhammad Uswanas.

Sesepuh IKN Manokwari Drs Dominggus Mandacan mengatakan, Keluarga besar Numfor telah berkontribusi untuk pembangunan di daerah ini.

Kepala Suku Besar Arfak Drs Dominggus Mandacan M.Si saat memberikan sambutan pada Raker I IKN Tahun 2023.

“Apa yang telah dilakukan oleh para orang tua byak Numfor selama ini telah membawa kemajuan bagi daerah yang kini dilanjutkan oleh masyarakat Numfor,”kata Dominggus Mandacan.

Ia mengatakan, Tuhan sudah memberikan berkat membagi habis pekerjaan untuk semua masyarakat termasuk masyarakat Numfor di Manokwari sehingga mari tetap menjadi berkat bagi banyak orang.

Atas nama kepala suku besar Arfak lebih lanjut Dominggus Mandacan mengatakan tetap mendukung program kerja IKN.

Ia berpesan agar IKN tetap membangun komunikasi yang baik dengan pemerintah juga suku-suku Nusantara lainnya di kabupaten Manokwari demi mewujudkan Manokwari yang aman dan damai.

Foto bersama sesi Kedua.

Sementara ketua IKN Manokwari Agus Sroyer dalam arahannya mengatakan, Raker IKN sebagai ajang mempererat tali silaturahmi antara sesama masyarakat suku biak Numfor yang ada di Manokwari, untuk bersatu berjuang membangun tatanan kehidupan yang lebih maju.

“Meski terlambat, lebih baik kita memulai dari pada tidak sama sekali, mari kita bangun konsolidasi organisasi yang mandiri dan kuat,”cetus Agus

Meski masalah dan tantangan saat ini sangat kompleks yang tentu berpengaruh pada tatanan kehidupan masyarakat.

Untuk itu, dengan potensi yang ada mari bangun kebersamaan ‘Kobe oser’ untuk melakukan sesuatu yang berdampak terhadap kemajuan pembangunan bahkan masyarakat secara khusus suku byak Numfor yang ada di Manokwari.

Pembukaan Raker I IKN Tahun 2023.

“Saya berharap kedepan kita bersatu tanpa pandang bulu, tanpa pandang jabatan, tetapi saatnya kita bersatu untuk maju,”harap Agus

Setelah Raker I IKN dibuka oleh Bupati Manokwari dilanjutkan dengan penyerahan palu raker oleh pengurus kepada pimpinan Raker.

Kemudian, dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Narasumber Alberth Rumbkewan dari FKIP Uncen Jayapura.

Alberth Rumbekwan membawakan materi tentang Peradaban orang byak ( suatu refleksi sejarah orang byak , masa lalu, masa kini dan masa depan.

Selanjutnya Hendrik Arwam membawakan materi tentang snonkaku (manusia) byak sebagai bentuk transformasi diri di era globalisasi.(jp/fir)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta