4.5 C
Munich
Minggu, April 21, 2024

Gubernur Papua Barat Raih Penghargaan Lingkungan International

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, menerima penghargaan ‘Pahlawan Konservasi Global’ dalam acara Gala Dinner Organisasi Non-Profit Konservasi Internasional (CI) yang digelar Sabtu (8/6/2019) di Los Angeles, AS.

Penghargaan tersebut diraih Dominggus Mandacan, karena dinilai sebagai daerah yang memegang komitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan, serta Pengesahkan Perdasus oleh DPRD Papua Barat, tentang pembangunan berkelanjutan yang mengedepankan prinsip-prinsip pembangunan yang ramah lingkungan.

Melalui Perdasus ini, maka Papua Barat, saat ini disebut sebagai ‘Provinsi Konservasi’ di mana minimal 70 persen area hutan dan ekosistemnya dilindungi dan dikelola secara berkelanjutan dan Peraturan itu juga disebut sebagai Deklarasi Manokwari.

“Penghargaan yang diterima merupakan bentuk pengakuan Dunia Internasional atas upaya Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam menjaga hutan, laut serta menjamin pemenuhan hak-hak dasar Orang Asli Papua (OAP), dengan pendekatan pembangunan yang berkelanjutan serta ramah lingkungan,” ungkap Dominggus, Senin (10/6/2019).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Pemprov Papua Barat, Prof Charlie D Heatubun, menambahkan penghargaan ini diberikan atas peran Dominggus Mandacan dalam upaya mendorong disahkannya Raperdasus pembangunan berkelanjutan yang mengedepankan prinsip – prinsip pembangunan yang ramah lingkungan, serta sejumlah program lainnya yang mengerucut pada pelestraian lingkungan di Provinsi Papua Barat.

“Trofi ini juga diberikan sebagai suatu bentuk penghargaan kepemimpinan dan komitmen Gubernur yang telah mendorong disahkannya Perdasus dan juga sejumlah program lainnya, seperti Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi, review Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), penambahan dan perluasan kawasan lindung serta penyusunan Rencana Induk dan Peta Jalan Pengembangan Ekonomi Hijau dan Biru,” tutur Charlie. (***/rls)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta