23.4 C
Munich
Kamis, Juni 17, 2021

Gubernur Papua Barat Canangkan Tanam Bibit Unggul Kakao di Lahan Koperasi Ebersut Ransiki

Must read

MANSEL, JAGATPAPUA.com – Pemprov Papua Barat, berupaya mengembalikan kejayaan komoditas perkebunan diwilayah tersebut. Salah satu komoditas yang ditargetkan adalah kakao.

Untuk itu, Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, melakukan pencanangan penanaman bibit unggul kakao di lahan koperasi Ebersut, Cokran Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Rabu (27/5/2020).

Ini agar target mengembalikan kejayaan kakao di Indonesia, lebih khusus di Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat dapat terwujud.

Apalagi Manokwari Selatan, pernah merasakan masa kejayaan untuk tanaman kakao. Bahkan ketika krisis ekonomi tengah melanda, petani kakao sejahtera karena harganya juga terkerek naik. Namun, sejak maraknya hama penyakit tanaman di tahun 2000-an, dan tutupnya PT. Cokran Ransiki, kakao tidak lagi menjadi primadona buat petani.

Dalam sambutannya Gubernur Drs. Dominggus Mandacan mengatakan penanaman tanaman kakao ini tentu dapat memberikan manfaat bagi masyarakat bangsa dan negara, serta penanaman tanaman perkebunan tersebut sesuai dengan pencanangan provinsi Papua Barat sebagai provinsi berkelanjutan.

“Kita tentu harapkan penanaman bibit unggul kakao ini dapat meningkatkan produktivitas pertanian di Papua Barat,” ucap Gubernur.

Gubernur juga berharap Koperasi Ebersut dapat terus meningkatkan produktivitas, serta memberikan pelatihan kepada petani untuk pengembangan kakao hingga produksi agar dapat menghasilkan biji coklat premium yang unggul.

Sementara itu Bupati Mansel, Markus Waran menambahkan dalam pengembangan komoditas kakao oleh Koperasi Ebersut, adanya campur tangan dari pemerintah Papua Barat, untuk pengembangan coklat unggul kedepannya.(nae)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article