25.1 C
Munich
Minggu, April 14, 2024

Gubernur Dapat Penghargaan Pahlawan Konservasi, Runaweri : Ini Motivasi Bagi Kita Untuk Terus Menjaga Hutan

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat, Hendrik Runaweri, mengaku bangga atas penghargaan yang diterima oleh Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, sebagai ‘Pahlawan Konservasi Global’.

Penghargaan ini diterima oleh Gubernur, dalam acara Gala Dinner Organisasi Non-Profit Konservasi Internasional (CI) di Los Angeles, AS, Sabtu lalu.

“Kita harus bangga, karena dari sekian banyak provinsi yang masih memiliki hutan di Indonesia, Papua Barat yang terpilih. Jadi ini bentuk motifasi bagi kita di Kehutanan maupun masyarakat untuk tetap menjaga hutan,” ungkapnya, saat ditemui, Kamis (13/6/2019).

Menurut Runaweri, meski Deklarasi Manokwari, mungkin belum ditulis dan dibuat secara baik. Namun Papua Barat, telah melaksanakannya.

Dimana dalam deklarasi Manokwari, disepakati pengelolaan sumber daya alam dan ekosistem secara berkelanjutan di Tanah Papua menjadi komitmen bersama Pemerintah Provinsi Papua Barat, Pemerintah Provinsi Papua, pemerintah pusat, dan mitra pembangunan lokal, nasional dan internasional.

“Mungkin yang jadi pertimbangan, kalau kita langsung terapkan secara ful, kasihan juga masyarakat, karena mereka juga butuh makan. Jadi perlu seimbang,” ucapnya.

“Seperti kalau ada investor kepala sawit yang ingin masuk, kita akan arahkan mereka untuk mencari lahan yang memang kritis untuk ditanami, begitu juga perkebunan, kita akan suruh cari lahan-lahan tidur yang sudah ada, tanpa harus merusak hutan,” sebut Runaweri.

Selain itu, keberangkatan Gubernur Papua Barat, ke Amerika, juga sekaligus mempromosikan tanaman Kakao di Ransiki. “Jadi bulan September 2019 ada investor yang masuk untuk mengembangkan komoditas Kakao, Kopi, Gaharu, dan Masohi. Namun dengan catatan mereka tidak akan menebang hutan lagi,” tukas Runaweri.

“Ini juga yang menjadi PR kita untuk mensosialisasikan ke masyarakat, agar tidak merusak hutan, dengan melihat bencana alam yang terjadi. Sehingga kita harap kedepan ada komitmen bersama untuk terus menjaga kelestarian hutan tanpa harus merusaknya,” pungkas Runaweri.(red)

 

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta