5.6 C
Munich
Selasa, April 16, 2024

Gempabumi Tektonik 7.7 Magnitudo Guncang Maluku Tenggara

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Gempabumi berkekuatan 7.7 Magnitudo, menguncang Kabupaten Maluku Tenggara, Senin (24/6/2019). Gempa tersebut tak berpotensi Tsunami.

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi tersebut berkekuatan 7.7 Magnitudo, yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi 7.4 Magnitudo.

Dilihat dari episenter pusat gempabumi terletak pada koordinat 6,44 LS dan 129,17 BT, atau tepatnya dilaut pada jarak 289 KM Arah Barat laut Kota Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, di kedalaman 220 Km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, S.T, Dipl. Seis, M.Sc, menuturkan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi Laut Banda.

“Hasil analisis menunjukkan gempabumi di wilayah Laut Banda ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan geser,” ungkapnya, melalui rilis, Senin.

Guncangannya dirasakan didaerah Saumlaki V MMI, Tual III-IV MMI, Subawa dan Sorong III MMI, Dobo, Alor, Fakfak dan Kupang II-III MMI, Manokwari, Bima, Dompu, Banda, Waingapu, Ambon, Bula, Nabire, Merauke, Denpasar, dan Puncak Jaya II MMI.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan gempabumi tidak berpotensi tsunami,” terangnya.

Hingga pukul 10.13 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

“Bagi masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tandasnya.(red)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta