1.4 C
Munich
Selasa, April 23, 2024

Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 4,3 Mengguncang Manokwari, Tak Berpotensi Tsunami

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 4,3 terjadi di Manokwari, Papua Barat, Kamis (10/10/2019). Gempa tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan data yang dirilis situs BMKG, gempa bumi terjadi pukul 12.12 WIT, dengan Titik koordinat di 0,94 lintang selatan (LS), dan 134, 32 bujur timur (BT). Sementara pusat gempa berada di laut pada jarak 35 km arah Tenggara Manokwari, Provinsi Papua Barat di kedalaman 10 km.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah V
Petrus Demon Sili, S.IP, M.Si, mengatakan gempabumi di Manokwari ini dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak berkedalaman dangkal diakibatkan oleh aktivitas Patahan/Sesar Yapen.

“Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Manokwari III MMI dan Ransiki III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan. Hasil pemodelan menunjukkan gempabumi tidak berpotensi tsunami,” sebut Petrus, dalam rilisnya.

Hingga pukul 12.40 WIT, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, dan menghindari dari bangunan yang retak ataupun rusak diakibatkan oleh gempa tersebut.(rls)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta