8.6 C
Munich
Jumat, Februari 23, 2024

Filep Wamafma Awali Natal Bersama Ikatan Keluarga Besar Rumbiak di Manokwari

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com — Senator Papua Barat Dr Filep Wamafma, SH.,M.Hum mengawali perayaan Natalnya Bersama Ikatan Keluarga Besar Rumbiak (IKBR) Kabupaten Manokwari, Jumat (8/12/2023) di Gedung Gereja GKI Pniel Anggori, Amban Manokwari.

“Saya menyampaikan terima kasih karena natal pertama saya secara pribadi di bulan Desember ini bersama dengan ikatan keluarga besar Rumbiak di Manokwari. Ini sesuatu yang bagi saya sangat istimewa karena bisa merayakan natal bersama-sama. Saya tiba dari Jakarta tadi pagi, saya pikir saya sudah lewat waktu karena dibenak saya tanggal 7 desember kemarin sudah natal IKBR, padahal hari ini (red). Sekali lagi saya sampaikan terimakasih,” ucap Wakil Ketua I Komite I DPD RI ini.

Filep mengatakan, Firman Tuhan yang telah disampaikan Pdt Hugo Warpur sangat bermutu dan bermanfaat bagi seluruh keluarga besar Rumbiak. Firman yang sangat menginspirasi tentang bagaimana memuliakan Tuhan. Sehingga Ia mengingatkan beberapa hal penting, tentang Ilmu sebagai dasar untuk kemuliaan bagi Tuhan.

Menurut Senator Filep, jika Ilmu tanpa pengetahuan dan iman tanpa pengetahuan tentu akan sulit, sehingga hal ini harus dipahami secara bersama. Artinya, kedepan IKBR Manokwari harus memiliki tanggung jawab yang sama dalam meningkatkan kualitas Pendidikan.

Filep Wamafma menghadiri Perayaan Natal IKBR, Gedung Gereja GKI Pniel Anggori, Amban Manokwari, Jumat (8/12/2023).

“Supaya mampu memahami semua hal, tidak hanya ilmu tetapi iman sebagai dasar kepercayaan kita kepada Tuhan. Mari kita tingkatkan kualitas pengetahuan anak-anak kita yang saat ini sedang menempuh Pendidikan baik di TK, SD, SMP, SMA dan perguruan Tinggi, harus didorong sehingga mereka dapat bersekolah dengan baik dan mendapatkan ilmu pengetahuan yang luas. Kedepan mereka (anak-anak) bisa mendapatkan posisi pekerjaan yang baik di semua bidang juga memahami Firman Tuhan dengan baik,” ajak Filep Wamafma

Ia menuturkan, pendidikan masih menjadi persoalan utama yang dialami oleh para generasi penerus Papua.

“Terkadang, kita orang byak secara khusus tidak memiliki persiapan untuk anak-anak kita . Yang penting sekolah saja SD, SMP, SMA, nah biasanya sampai di jenjang SMA baru kita pusing. Kalau Perempuan kebanyakan tunggu saja sampai orang datang minang, begitupun yang laki-laki, tidak apa-apa nganggur dulu satu tahun baru nanti cari pekerjaan. Konsep berfikir ini yang salah dan harus diperbaiki,” tegas Senator Papua Barat.

Sehingga menurut Filep, kemudian muncul banyak persoalan. Persoalan ini tentu tidak akan mengubah nasib bangsa dan masa depan orang papua.

“Kita harus ingat bahwa Tuhan tidak datang perintah kita jika bukan kita sendiri yang berusaha mencari, dan mencapai masa depan itu. Saya berpesan, masyarakat jangan pernah khawatir untuk sekolah. Soal ini saya berada di mana saja selalu mengingatkan masyarakat tentang pentingnya pendidikan. Apapun yang terjadi anak-anak harus sekolah. Jangan ada rasa khawatir untuk biaya sekolah. Intinya anak-anak kita harus sekolah yakin dan percaya Tuhan pasti buka jalan,” ucapnya

Filep Wamafma menghadiri Perayaan Natal IKBR, Gedung Gereja GKI Pniel Anggori, Amban Manokwari, Jumat (8/12/2023).

“Percaya bagian yang saya sampaikan ini. Semua itu pasti bagi Tuhan, yang penting kita berusaha, berdoa dan bekerja. Apa yang telah ditabur oleh Pendeta Rumbiak di Maybrat, membawa suku maybrat saat ini menjadi tokoh-tokoh yang hebat di atas tanah papua pasti keluarga besar rumbiak menuai hasilnya asalkan berdoa dan bekerja. Sekarang kita bisa hitung berapa banyak anak-anak Rumbiak yang sarjana dan Magister, juga berapa anak-anak Rumbiak yang doktor. Ini yang harus kita perhatikan kedepan,” cetusnya

Lanjut Filep, kedepan harus tingkatkan kepedulian bersama agar anak-anak tetap bersekolah terutama di perguruan tinggi.

“Saya beri contoh, saya sangat peduli dengan pendidikan, sehingga sebagai ketua STIH Manokwari juga saya aktif melihat peluang. Saya membangun komunikasi dengan pihak-pihak yang bisa memberikan beasiswa bagi anak-anak papua. Banyak yang terbantu Tetapi kadang beasiswa itu juga tidak dimanfaatkan secara baik padahal ada anak yang orang tuanya berusaha kirim untuk sekolah di luar papua. Tetapi putus sekolah karena Miras dan Narkoba,” urai Senator.

Sebagai intelek Suku biak Senator Filep berharap agar IKBR dan secara umum Masyarakat suku Biak agar dapat memperhatikan tentang Pendidikan bagi para generasi.(jp/alb)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta