5 C
Munich
Kamis, Februari 29, 2024

Festiva Munara Insos Kabor di Raja Ampat

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Festival Munara Insos Kabor Se-Tanah Papua, tahun 2020 akan digelar di Raja Ampat, bukan di Biak. Ini diakui ketua Insos Kabor se-Tanah Papua, Arius Mofu.

“Jika tidak ada halangan festival digelar bulan April 2020 dan melibatkan seluruh kawasa Byak (masyarakat Biak,red) yang tersebar di seluruh Tanah Papua sampai ke Halmahera,” ujarnya.

Kata dia, Ivent besar itu akan memperlihatkan kepada dunia bahwa, masyarakat Biak sejak dahulu tersebar hampir diseluruh dunia.

“Kawasa Byak itu Mambri (pemberani,red). Itu terbukti dengan tersebarnya mereka dimana-mana,” ungkapnya sembari berharap, masyarakat Biak dimanapun berada, bisa bersatu untuk mempertahankan nilai-nilai adat istiadat yang telah diwariskan oleh leluhur.

Menurutnya, pagelaran Ini menyangkut keberlangsungan generasi Byak. Sehingga disambut baik oleh Mansonanem-mansonanem (kaum intelektual) yang ada di Raja Ampat.

Arius lalu mengingatkan agar tidak ada pihak pihak yang merusaknya dengan memasukan unsur-unsur politik, karena ivent itu terkait adat dan budaya.

“Jangan dikacaukan dengan kepentingan-kepentingan tertentu, kita harus duduk bersama, bahas bersama. Jangan sampai kita kehilangan identitas marwah adat itu dikemudian hari,”tandasnya.(tom)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta