1.9 C
Munich
Kamis, April 18, 2024

Faskes di Kabupaten Manokwari Selatan Terima Bimtek Penginputan ASPAK

Must read

RANSIKI, JAGATPAPUA.com — Dinkes Papua Barat memberikan bimbingan teknis (bimtek) terkait penginputan Aplikasi Sarana dan Prasarana Kesehatan (ASPAK) kepada Fasilitas Kesehatan (Faskes), baik Puskesmas dan RS Elia Waran, di Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Rabu (15/3/2023).

Kepala Seksi Kefarmasian Dinkes Mansel Narti Sikumbang mengatakan, pelaksanaan bimtek ASPAK ini merupakan kali pertama bagi Puskesmas dan RS Elia Waran.

“Tahun ini adalah perdana Puskesmas dan RS Elia Waran dilatih dalam perencanaan data ASPAK,” tuturnya.

Dijelaskan Narti, Aspak adalah suatu aplikasi berbasis web yang menghimpun data dan menyajikan informasi mengenai Sarana, Prasarana, dan Alat Kesehatan pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

“Aspak juga merupakan data dasar untuk menegakan perencanaan kesehatan,” ujarnya.

Sementara pada Bimtek tersebut, narasumber dari Bidang Perencanaan Dinkes Papua Barat Herman Lawalata menerangkan terkait beberapa hal yang menjadi poin pokok dalam pemanfaatan ASPAK dalam menghimpun data seperti kerangka konsep peningkatan akses, kualitas sarana, prasarana serta Alkes.

“Di mana tujuannya untuk inventarisasi dan pemetaan SPA, mendukung bimtek serta mendukung akreditasi fasilitas kesehatan,” tukasnya.(jp)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta