4.1 C
Munich
Selasa, Februari 27, 2024

DPMK Mansel Optimis Siskeudes Berjalan Optimal

Must read

RANSIKI, JAGATPAPUA.com — Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) optimis Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) berbabasis online yang baru digagas pemerintah pusat bisa berjalan optimal di Mansel.

Hal ini diutarakan Kadis PMK Mansel, Hendrik Tetelepta saat ditemui wartawan, di ruang kerjanya, Selasa (6/2/2024).

Dikatakan Tetelepta, meski menghadapi tantangan seperti jaringan internet yang belum merata di semua kampung, pihaknya optimis Siskeudes ini akan berjalan optimal.

“Sistem ini notebene sama dengan yang offline, hanya saja ini diinput secara online. Nah pada saat menginput, parah kader kampung yang sudah kita beri pelatihan ini, bisa mencari lokasi-lokasi yang memiliki akses internet,” tuturnya.

Tetelepta kemudian mengatakan, Siskeudes yang berbasis online ini sangat baik untuk digunakan.

“Karena ini sistemnya online, sehingga ketika diupload bisa dipantau langsung. Pihak Inpektorat juga melalui Siswakeudes langsung bisa akses mereka punya APBK dan lain sebagainya,” ujarnya.

Meski begitu, Tetelepta kemudian berharap agar Pemda Mansel bisa melaksanakan pemerataan akses internet di setiap kampung yang ada di Mansel.

“Ini agar sistem yang diinginkan pemerintah pusat disemua daerah ini bisa ter-update. Kita untuk wilayah Papua Barat ini ada di posisi tiga, di mana semua 57 kampung sudah lengkap. Walaupun daerah kita baru sebelas tahun, kita sudah bisa menyesuaikan dengan sistem. Kami juga dalam sistem ini bertindak sebagai admin, sehingga kita bisa terus melaksanakan pendampingan,” tukasnya.(jp)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta