14 C
Munich
Senin, Mei 20, 2024

Dinas Kesehatan Gelar Pengobatan Massal di Distrik Mare Selatan

Must read

KUMURKEK, JAGATPAPUA.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Maybrat bersama tim medis mobail klinik, mengadakan pengobatan massal di Kampung Sire dan Fase, Distrik Mare Selatan, Jumat (21/6/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Maybrat dr. Nelce Kambuaya, M.Sc, mengatakan pengobatan masal ini bertujuan untuk mengamati secara langsung penyakit yang dialami oleh masyarakat disetiap kampung, karena umumnya penyakit yang diderita berbeda-beda.

“Setelah kunjungan ini, kita akan laporkan penyakit apa saja yang paling banyak diderita masyarakat pada rapat kerja tingkat dinas nanti,” tuturnya.

Pengobatan massa ini meliputi, pemeriksaan bagi ibu hamil, bayi, balita dan orang dewasa, termasuk pemberian vitamin A kepada bayi dan ibu yang menyusui, serta pemberian imunisasi.

Selain itu dilakukan pemeriksaan sanitasi lingkungan, seperti pemeriksaan terhadap air bersih, penyakit khusus yang dialami masyarakat, kasus polio, kasus vilariasis (kaki gajah).

“Program ini merupakan tugas pokok dan rutin bagi tim dari Dinas Kesehatan, bersama Kepala Puskesmas, Pustu dan petugas medis setempat,” tukasnya.

Ia menambahkan, petugas yang melakukan pengobatan massal itu terdiri dari tiga orang dokter umum, dua orang Kepala Bidang dan petugas kesehatan lainnya.

“Petugas kesehatan juga mengalami kendala pelayanan kepada masyarakat diwilayah Mare, karena faktor jalan rusak berat, apalagi antara kampung ke kampung lain sangat berjauhan,” ucapnya. (es)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta