12.7 C
Munich
Selasa, September 21, 2021

Calon Independen Batal Ramaikan Pilkada Manokwari

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA. com – Pilkada Manokwari 2020, tanpa peserta dari kalangan perseorangan. Hal ini terjadi karena hingga batas waktu penyerahan berkas dukungan calon perseorangan, Minggu (23/2/2020) pukul 24.00 WIT, tak ada bakal calon perseorangan yang mampu memenuhi syarat.

Pada hari terakhir pendaftaran, ada satu bakal calon independen yang datang untuk menyerahkan berkas dukungan. Yakni Ronald Mambieuw dan Reneke Exonia Musa.

Namun hingga batas akhir, jumlah dukungan yang berhasil mereka input ke data Sistem Pencalonan (Silon) belum memenuhi syarat.

Pasangan Ronald Mambieuw dan Reneke Exonia Musa, hanya mampu menginput 13.815 dukungan dari syarat minimal 14.488 dukungan.

“Jumlah syarat dukungan yang dibawa 15.490, hasil pemeriksaan berdasarkan aplikasi Silon masuk semua, tetapi ketika dilakukan kroscek secara fisik hard hanya 13.815 yang masuk dalam Silon, ” kata Komisioner KPU Manokwari Divisi Teknis Penyelenggara, Aplena Alfonsina L. Rumaikeuw, Senin, (24/2/2020).

Selain jumlah dukungan yang masih kurang, bakal calon perorangan ini, kata Aplena hanya membawa formulir B1KWK, B1.1KWK, sedangkan B2KWK tidak ada. Sementara B1.1KWK hanya ada pada enam kampung.

“Pengumpulan data mulai tanggal 19 hingga 23 Februari 2020 pukul 24:00 WIT, secara otomatis KPU menyatakan pengumpulan data KTP ditutup sesuai jadwal Nasional,” sebutnya.

“Bakal calon ini datang pukul 23:05 WIT, namun setalah 7 jam pemeriksaan. Syarat dukungan tidak memenuhi syarat. Jadi kami persilahkan calon ini kalau mau ajukan protes melalui jalur Bawaslu atau jalur manapun, kami siap,” tandasnya.(chl)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article