2.9 C
Munich
Selasa, Februari 27, 2024

Bupati Lantik 39 Kepala Sekolah Tingkat TK, SD Dan SMP Se- Kabupaten Manokwari

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.comSebanyak 39 Kepala Sekolah di Tingkat Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Se-Kabupaten Manokwari, Selasa (16/4/2019) dilantik Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan.
Pelantikan yang berlangsung di Sasana Karya Lantai Tiga Kantor Bupati tersebut, dihadiri Sekda serta sejumlah Pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Dilingkungan Pemda Kabupaten Manokwari.
Dalam kegiatan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan dan Pelantikan 39 Kepala Sekolah tersebut, Bupati mengatakan tugas Kepala Sekolah adalah tugas yang berat,  sehingga membutuhkan profesionalisme dalam menjalankan tugas secara baik dan benar, sesuai dengan sumpah dan janjinya.
“Pelantikan para Kepala Sekolah ini, merupakan pelantikan pertama kali yang dilakukan pemda Manokwari khusus untuk para kepala Sekolah. Untuk itu, Kepala Sekolah yang baru saja dilantik  harus membuktikan bahwa benar adalah orang-orang yang layak dipercaya, bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya,”Kata Demas.
Kepala Sekolah kata Bupati bahwa, dituntut bertanggung jawab terhadap kualitas proses dan hasil belajar guna meningkatkan mutu Pendidikan di Daerah hingga tingkat Nasional.
“Bapak dan Ibu  para Kepala sekolah kalian diibaratkan seorang manajer, sangat kompleks, tidak sekedar mengelola kurikulum dan buku belajar, tetapi juga Sumber Daya Manusia (SDM) Guru mengajar, staf Tata Usaha (TU) dan juga mengelola serta mengembangkan aset dan mengelola keuangan institusi.
Dengan demikian, kalian harus memiliki tiga kecerdasan, yakni kecerdasan profesional, kecerdasan personal dan kecerdasan manajerial,”bebernya
Menjadi Kepala Sekolah, Lanjut Bupati, harus memiliki kecerdasan manajerial, yakni memiliki ide-ide besar untuk kemajuan sekolahnya, mampu mengorganisir seluruh stafnya untuk melaksanakan program yang sudah ditetapkan sebagai rencana kerja tahunan, mampu memberi motivasi kepada seluruh staf akademik dan staf non akademik, dan selalu menghargai seluruh stafnya di mana Kepala Sekolah itu ditugaskan.
“Kepala sekolah, harus mampu berkomunikasi dengan baik untuk membuat seluruh stafnya mengerti akan sesuatu yang harus mereka kerjakan, dan mampu mendorong mereka untuk bekerja memajukan institusi sekolahnya,”ujar Bupati
Selain itu,harus mampu mengevaluasi secara obyektif pekerjaan yang diselesaikan oleh tim kerjanya, dan menjadikan sebagai inspirasi untuk perbaikan di waktu yang akan datang. Bahkan harus memfokuskan diri dalam memikirkan upaya untuk mengembangkan sekolah tersebut.
Demas mengimbau, para Kepala Sekolah yang sudah dilantik, agar transaparan, teliti hingga tidak adanya cela terjadinya kesalahan dan semua kegiatan kebijakan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah, harus dalam koridor regulasi yang ditetapkan.
“Saya ucapkan selamat menjalankan tugas ya Bapak Ibu Kepala Sekolah yang baru dilantik,  marilah secara bersama-sama kita wujudkan Bumi Kasuari khususnya Manokwari sebagai Kota Pendidikan yang berkualitas,”Ucap Bupati.(el)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta