2 C
Munich
Kamis, April 18, 2024

Bupati Hermus Sebut Kedepan Pemkab Manokwari Harus Lebih Berkualitas Kelola Program

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.COM– Pemerintah Daerah Kabupaten Manokwari kedepan diharapkan harus lebih berkualitas dalam mengelola Program Kerja baik yang bersumber dari APBD maupun APBN.

Hal itu disampaikan Bupati Manokwari Hermus Indou SIP., MH saat membuka sosialisasi Tata Cara Penyusunan Usulan Program dan Kegiatan yang Bersumber dari APBN, pada senin (25/3/2024) di Aston Niu Manokwari.

“Pemerintahan kita harus berkualitas dalam pengelolaan semua program pembangunan mulai dari aspek perencanaan sampai dengan aspek pelaksanaan dan juga pengendalian yang terdiri dari pengawasan, monitoring dan evaluasi,”kata Bupati

Sebab menurut Hermus, pemerintahan yang kuat adalah pemerintahan yang sehat, yang bebas dari praktek penyelenggaraan pemerintahan yang korupsi dan nepotisme.

“Kita harus membangun pemerintahan yang sehat dan kuat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,”ujarnya

Hermus kemudian menjelaskan bahwa ada beberapa hal penting yang perlu di ketahui dalam membangun pemerintahan yang kuat.

Yang pertama adalah pemerintahan yang di bangun dan di letakan di atas pondasi dan pilar pemerintahan yang utuh.

“Pilar yang mendukung pemerintahan, yang pertama adalah pilar politik dalam hal ini DPRD,”sebutnya.

Yang kedua adalah pilar birokrasi pemerintahan, mulai dari sekda hingga jajaran OPD serta semua pihak yang mengoperasionalkan pelayanan pemerintahan secara berjenjang dari atas sampai ke staf sekalipun.

“Inilah pilar yang memastikan pemerintahan kita kuat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan jika di dalam pilar-pilar ini terdapat masalah maka akan mempengaruhi kinerja pemerintahan,”cetusnya

Hermus juga mengatakan bahwa kinerja perencanaan sangat berpengaruh pada seluruh OPD. Jika tidak maksimal maka jelas berpengaruh terhadap pelayanan kepada masyarakat (jp/alb)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta