Connect with us

Adat

Antisipasi Krisis Pangan Pemprov PB Fokus Pengembangan Lahan Komoditi

Published

on

Foto Ilustrasi (Alberki Rumbiak)

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih terus mewabah di Seluruh dunia tentu akan berdampak terhadap pendistribusian bahan pangan ke Daerah. Hal ini menjadi tantangan terbesar bagi daerah yang tidak memiliki sentra penghasil bahan pangan termasuk Papua Barat.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultural dan Perkebunan Provinsi Papua Barat Yacob S Fonataba mengatakan, berdasarkan instruksi Presiden bahwa pemerintah daerah harus waspada, mengantisipasi peringatan yang dikeluarkan oleh Badan Pangan Dunia tentang krisis pangan.

“Dan Gubernur sudah mengambil langkah dan kebijakan operasional untuk bagaimana pengembangan lahan pangan secara umum. Pangan lokal ditambah dengan komoditi padi sehingga selalu tersedia bahan pangan di wilayah Provinsi Papua Barat,”ungkap Fonataba Selasa (27/1/2021).

Ia mengatakan, tahun ini pihaknya melanjutkan program kerja sesuai dengan renstra( Rencana kerja Startegi ) yang merupakan penjabaran dari renja ( rencana Kerja) tahunan. Renja untuk tahun ini seperti peningkatan mutu dan kualitas tanaman pangan baik Holtikultura maupun perkebunan.

“Berdasarkan kajian kita dengan melihat kondisi kebutuhan masyarakat lebih khusus untuk bidang ekonomi, maka kita ikut mendukung ketersediaan bahan pangan segar yang sudah ada di dalam Renstra kita untuk pengembangan bahan pangan lokal seperti ubi kayu, ubi jalar, keladi, sagu, kemudian tanaman sayuran dan buah-buahan, semua itu tetap dikembangkan,”beber Yacob

Selain pengembangan pangan lokal di 12 Kabupaten dan 1 Kota, pengembangan komoditi Padi juga dilakukan pada beberapa daerah yang berada di Provinsi Papua barat seperti Manokwari, Manokwari Selatan, Teluk Wondama, Teluk Bintuni, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Fakfak, dan Kaimana.

“Belum lama ini Gubernur memberikan bantuan pupuk mutiara sebanyak 10 ton untuk masyarakat petani di Kabupaten Sorong dengan luas lahan 150 Hektar,”ujarnya

Tentunya kegiatan tersebut dilakukan untuk pengembangan komoditi lokal tahun ini juga berlanjut untuk pengembangan pangan lokal, termasuk pengembangan komoditi padi pada daerah yang sudah memiliki sawah, maupun lahan kering untuk menanam padi.

“Bukan hanya pemanfaatan lahan tidur saja tetapi juga untuk menjaga semua itu kita sudah bekerjasama dengan BPN ATR untuk menjaga lahan-lahan pertanian yang telah di bakukan sebagai lahan pertanian berkelanjutan mulai dari lahan yang belum di manfaatkan secara baik dan optimal oleh masyarakat,”tukasnya.

Dengan bantuan yang telah diserahkan, Yacob berharap Dinas Pertanian Kabupaten tingkat Kabupaten/Kota dan Dinas terkait untuk melakukan membinaan kepada masyrakat Tani sehingga dapat memanfaatkan lahan-lahan tersebut.

“Yang sekiranya dapat mensuplay bahan makanan untuk di konsumsi terutama didalam rumah tangga,”harap Yacob.(JP/alb)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adat

Wujudkan Transparansi, Kapolri Launcing Aplikasi Dumas Presisi

Published

on

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi melaunching Aplikasi Pengaduan Masyarakat (Dumas) Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan), saat kegiatan Rakerwas Itwasum Polri Tahun Anggaran 2021 di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (24/2/2021).

JAKARTA,JAGATPAPUA.com– Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi melaunching Aplikasi Pengaduan Masyarakat (Dumas) Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan). Hal itu dilakukan untuk mewujudkan bentuk transparansi dan Handling Complain bagi masyarakat luas.

Peluncuran Aplikasi Dumas Presisi tersebut dilakukan saat kegiatan Rakerwas Itwasum Polri Tahun Anggaran 2021 di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (24/2/2021).

“Maksimalkan Aplikasi Dumas Presisi dan sosialisasikan kepada masyarakat, karena aplikasi ini merupakan wujud handling complain dan transparansi Polri dalam membentuk sistem pengawasan oleh masyarakat dengan cepat, mudah, dan terukur,” kata Sigit dalam sambutannya.

Pada kegiatan itu, Sigit juga meminta kepada jajaran Itwasum Polri untuk menjadikan momentum ini sebagai sarana berbagi informasi dan merumuskan cara bertindak dalam menangani berbagai permasalahan tugas di lapangan.

“Serap setiap informasi yang disampaikan oleh para narasumber, sebagai upaya memperkaya wawasan serta menyempurnakan strategi, teknis dan cara bertindak di lapangan,” ujar eks Kabareskrim Polri itu.

Tak hanya itu, Sigit menginstruksikan untuk merajut kerjasama dan sinergitas lintas fungsi dan sektoral, bersama institusi pemerintah, APIP dan pengawas eksternal independen.

Lalu, melakukan pengelolaan dan menemukan solusi  terbaik dalam menangani pengaduan masyarakat, serta manfaatkan masukan dari pengamat dan pengawas eksternal Polri.

“Lakukan evaluasi tugas-tugas di bidang pengawasan dan pemeriksaan, baik yang dilaksanakan secara rutin maupun khusus,” ucap mantan Kapolda Banten tersebut.

Kemudian, Sigit menekankan Rakerwas ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan pemikiran yang Out of The Box dalam rangka mengantisipasi kemungkinan penyimpangan yang dilakukan anggota dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya.(JP/rls)

Continue Reading

Adat

Resmi Raih Gelar DR, Lakotani Ucapkan Selamat Kepada Nataniel Mandacan

Published

on

Wisuda Periode III Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, yang dilakukan secara virtual, yang diikuti oleh Sekda PB DR Nataniel Mandacan sebagai Wisudawan didampingi Wakil Gubernur PB Mohamad Lakotani serta seluruh Jajaran Pemprov PB, Rabu (24/2/2021) di Mansinam Beach Manokwari.

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Sekretaris Daerah Papua Barat resmi menyabet gelar Doktor (DR) pada Wisuda Periode III Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, yang dilakukan secara virtual, Rabu (24/2/2021).

Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani, SH, M.Si memberikan apresiasi yang tinggi kepada DR Nataniel Dominggus Mandacan M.Si atas gelar baru yang dicapai. Karena tentu mendatangkan bahagia dan rasa syukur bagi bapak Sekda dan keluarga tetapi juga bagi seluruh jajaran pemerintah Provinsi PB.

“Selama pak Natan sudah berkiprah mendedikasikan semua kemampuannya untuk bersama pemerintah untuk membangun daerah PB selama ini. Saya berdiri mewakili Gubernur dan seluruh jajaran Pemprov menyampaikan selamat dan berbahagia kami ikut berbangga dengan apa yang dicapai pak Sekda,”ungkap Lakotani, Rabu (24/2/2021) pada acara wisuda secara virtual di Mansinam Beach Hotel.

Sepintas dari pernyataan Sekda apa yang telah dicapainya dapat menjadi referensi pemerintah dalam merancang program kerja juga dalam membenahi birokrasi di daerah ini. Sehingga kedepan tata kelola pemerintahan dan geografis daerah ini semakin lebih baik dalam menghadirkan pemerintahan yang good government, dalam menyajikan proses pembangunan di atas tanah ini.

Ia mengajak jajaran Pemprov agar apa yang beliau tulis dalam presentasi beliau dapat diperbanyak dan dibagikan kepada semua OPD untuk menjadi panduan dan referensi kita bersama. Sehingga kedepan ada peningkatan pelayanan dan tata kelola pemerintahan yang dilakukan bersama secara baik.

Capaian ini, lebih lanjut Lakotani bahwa merupakan sebuah proses yang rumit dan membutuhkan perjuangan panjang dengan dukungan keluarga juga semua pihak sehingga beliau (Sekda) bisa dikukuhkan hari ini.

“Semua dukungan tentu akan menjadi catatan baik bagi beliau juga pemprov PB,”tandas Lakotani

Capaian Ini juga tentu menjadi bekal yang baik untuk beliau dalam memasuki purna tugas tahun 2022, untuk berkiprah dibidang lainnya demi membangun Papua Barat yang maju dan berkualitas.

Sementara, Sekda Papua Barat juga menyampaikan Terima kasih kepada Bapak Agus Sumule bersama tim juga beberapa pihak lainnya yang telah membantunya selama proses perkuliahan hingga diwisuda denga Gelar DR.

“Juga semua staf saya dikantor yang sudah membantu saya, saya terima kasih.
Perkuliahan yang dilakukan hingga mencapai gelar DR merupakan tugas dan tanggung jawab saya dalam melaksanakan tugas saya sebagai sekda diwilayah PB, secara khusus dalam substansi penelitian saya terkait perilaku birokrasi di PB.(JP/alb)

 

Continue Reading

Adat

DPRD Kaimana Gelar Rapat Paripurna Penetapan Bupati Dan Wabub Terpilih

Published

on

DPRD Kabupaten Kaimana Mengelar Rapat Paripurna Dalam Rangka Pengumuman dan Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Kaimana Tahun 2021.

KAIMANA, JAGATPAPUA.com- DPRD Kabupaten Kaimana Mengelar Rapat Paripurna Dalam Rangka Pengumuman dan Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Kaimana Tahun 2021.

Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kaimana, Jaqualina Celaudia, S.Hut, Di Ruang Sidang Deawan, Selasa (23/2/2021). Yang sekaligus menyampaikan Masa Akhir Jabatan Bupati Dan Wakil Bupati Kaimana 2016-2021.

Rapat Paripurna Pengumuman dan penetapan oleh DPRD tersebut Pasca Pleno Terbuka Penetapan Calon Bupati Dan Wakil Bupati Kaimana Terpilih yakni Freddy Thie Dan Hasbula Furuada Pada Pilkada Kaimana 2020, oleh KPU Kaimana pada (22/2/2021) Di Hotel Grend Papua.

Jaqualina dalam arahannya mengatakan, Rapat Paripurna Yang Di Laksanakan tersebut berdasarkan Putusan Dan Persetujuan Bersama Pimpinan dan Anggota DPRD Pada rapat Paripuran Yang Dilaksanakan Secara Internal.

“Pada rapat Paripurna dalam rangka Pengumuman Penetapan Bupati dan Wakil Bupati kaimana terpilih, maka sesuai daftar hadir anggota dewan yang di sampaikan oleh Sekwan, bahwa jumlah anggota dewan sebanyak 20 orang, sementara yang hadir hanya 12 orang, tidak hadir 8 orang, namun berdasarkan ketentuan tata tertib Dewan bahwa jumlah tersebut memenuhi ketentuan,”pungkasnya.

Pengumuman dan penetapan Bupati dan Wabub Kaimana dibacakan oleh Sekertaris Dewan (Sekwan) Kabupaten Kaimana, Agus Duwila,S.Sos, sekaligus pengumuman akhir masa jabatan Bupati Dan Wakil Bupati Kaimana Periode 2016-2021.

“Dengan ini di umumkan hasil penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kaimana terpilih pada pilkada kaimana tahun 2020, yaitu Pasangan Nomor Urut (01) Freddy Thie dan Hasabula Furuada dengan perolehan suara sah sebanyak 15.323 suara, bersama ini pula di umumkan akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2021,yakni Drs.Matias Mairuma.MM dan Ismail Sirfefa,S.Sos, MH,”bebernya.

Rapat Paripuna Tersebut Turut Di Hadiri Sekda Kaimana Lither Rumpumbo,S.Pd,MM, Para Fokopimda Ketua KPU Dan Anggota, Ketua Bawaslu Dan Anggota, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Freddy Thie Dan Hasubula Furuada.(JP/luk)

Continue Reading

Trending

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta