13.7 C
Munich
Minggu, April 14, 2024

74 Tahun Umur Satpol PP, Pj Gubernur: Semakin Profesional Dan Solid Laksanakan Tugas

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Pj Gubernur Papua Barat, Drs Ali Baham Temongmere berharap di usia ke 74 tahun 2024 Satpol PP semakin profesional dan Solid dalam mengemban tugasnya serta memberikan perlindungan yang maksimal kepada masyarakat.

“Atas nama pemerintah saya mengucapkan selamat ulang tahun satu polisi pamong praja ke-74 dan kepada anggota satuan perlindungan masyarakat, selamat ulang tahun yang ke 62 atas pengabdiannya,” ucap Pj Gubernur Drs Ali Baham Temongmere saat membacakan sambutan tertulisnya, pada upacara peringatan HUT Satpol PP ke 74 tahun, Senin (4/3/2024).

HUT Satpol PP dan Satuan Perlindungan masyarakat yang mengusung tema “Dengan semangat Hut satuan polisi pamong praja ke 74 dan Hut satuan perlindungan masyarakat ke 62 kita mewujudkan polisi pamong praja yang Humanis berdedikasi disiplin dan tegas”

Peran Satpol PP semakin strategis dengan dimasukkannya urusan ketentraman ketertiban umum dan perlindungan masyarakat dalam urusan pemerintah wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar dalam undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Hal tersebut menurut ia benar dapat dirasakan di seluruh lapisan masyarakat. Keberadaan Satpol PP merupakan salah satu potensi sumber daya aparatur yang sangat penting dalam pemerintah daerah.

“Pada era keterbukaan informasi saat ini masyarakat dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi serta dapat membandingkan kualitas pelayanan yang dilakukan oleh aparatur Pemerintah apabila layanan yang diberikan tidak maksimal maka secara Real Time dapat terpublikasi melalui komunikasi sosial online,”tutur Pj Ali Baham Temongmere

Oleh sebab itu, Pj Gubernur mengimbau, kepala daerah agar menempatkan aparatur di Satpol PP dengan mempertimbangkan secara matang kompetensi dan latar belakang keilmuan yang dimiliki.

“Perlu saya tekankan bahwa Satpol PP rentan dengan gesekan kepentingan dan konflik karena kinerjanya yang harus berhubungan langsung dengan masyarakat dan tidak mungkin di bawah pemerintahan akan tetap terbangun apabila aparatur penegak regulasinya tidak berkompeten,”ujarnya

Untuk dapat memenuhi harapan masyarakat tambah Pj Gubernur, maka perlu adanya pola sikap dan pola tindak yang harus dimiliki oleh Pol PP. Satpol PP harus memiliki unsur-unsur seperti tema yang diusung yakni memiliki unsur Humanis berdedikasi disiplin dan tegas.(jp/fir).

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta