18.6 C
Munich
Senin, Juli 26, 2021

7.160 Paket Vaksin Sinovac Mulai Tiba di Papua Barat

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Vaksin Covid-19 asal China, Sinovac, mulai didistribusikan ke sejumlah wilayah di Indonesia. Salah satunya di Manokwari, Provinsi Papua Barat, Selasa (5/1/2021).

Sebanyak 7.160 paket vaksin Covid-19 yang didatangkan tersebut, merupakan vaksin tahap pertama yang diperioritaskan untuk tenaga kesehatan (Nakes)

Kedatangan Vaksin Covid-19, melalui Bandar Udara Rendani, dijemput oleh Gubernur Drs Dominggus Mandacan, Pangdam XVIII Kasuari, Mayjen TNI Nyoman Cantiasa S.E.,M.Tr, Kapolda Irjen Pol Dr Tornagogo Sihombing S.I.K, M.Si, dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Otto Pororongan beserta Kepala Balai POM Manokwari Harianto Baan S.Si.APT.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Otto Parorongan mengatakan, Vaksin tersebut tidak bisa langsung digunakan, tetapi harus melalui beberapa proses lagi.

“Vaksin yang baru dijemput ini akan dibawa ke tempat penyimpanan milik Dinas Kesehatan Provinsi Arfai, dan akan dijaga ketat oleh aparat keamanan,” ungkap Parorongan.

Selanjutnya menunggu terbitnya izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM RI dan izin dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), tentang halal penggunaan Vaksin Corona, yang akan dilaksanakan serentak seluruh Indonesia tanggal 14 januari 2021.

“Nanti di provinsi kita akan launching, siapa saja yang akan divaksinasi, pertama kedua dan ketiga, dan yang akan divaksinasi adalah Nakes yang sudah mendaftar melalui system informasi sumber daya manusia kesehatan,” ujarnya.

Ia menambahkan, Nakes yang mendaftar melalui aplikasi hingga saat ini terdata 9.047 orang di seluruh Papua Barat, termasuk Nakes TNI dan Polri, Rumah sakit, klinik, Puskesmas, Dinas Kesehatan dan KKP serta Instalasi Farmasi.

“Pendaftaran masih terus berlangsung. Kami pada prinsipnya stanbay melakukan penginputan data,” tandasnya.(me)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article