4.5 C
Munich
Minggu, April 21, 2024

5 Dari 8 Peserta Didik Akpol Jebolan Polda Papua Barat Adalah Anak Asli Papua

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com— Kuota Akpol Polda Papua Barat tahun 2022 meningkat signifikan.

Tahun ini, Polda Papua Barat diberikan kesempatan yang luas oleh mabes polri terkait kuota penerimaan Akpol.

Polda Papua Barat berhasil meloloskan 8 Peserta didik Akpol yang 5 diantaranya adalah anak Asli Papua. Saat ini tengah menempuh pendidikan di Semarang.

Kepala Biro (Karo) SDM Polda Papua Barat Kombes Pold Sugandi,S.I.K.,M.Hum kepada awak media, Kamis (11/8/2022) di Mapolda Papua Barat menjelaskan, pendaftaran Akpol tahun 2022 Polda Papua Barat mengalami peningkatan yang signifikan dibanding tahun sebelumnya hanya satu orang.

“Tahun 2022 ini Pada Papua Barat mendapat peserta didik Akpol sebanyak 10 orang namun 2 diantaranya tidak lulus karena kalah di rangking. Tetapi hal merupakan suatu prestasi yang sangat baik untuk Polda Papua Barat,”kata Kombes Sugandi

Ia menuturkan, 5 dari delapan siswa Akpol yang adalah OAP dipandang sebagai suatu hal positif dan merupakan peluang besar dalam pengembangan karir bagi putra daerah ke depan.

“Dan menjadi penyemangat bagi anak-anak asli papua selanjutnya untuk ikut pula mendaftarkan diri, dan ternyata Mabes Polri memberikan perhatian yang sangat baik kepada Papua Barat khususnya anak-anak asli papua,”ujarnya

Menurut Kombes Sugandi, pendaftaran awal dibuka Polda Papua Barat sebanyak 30 orang yang mendaftar. Setelah proses seleksi dilakukan, yang memenuhi persyaratan hanya 10 orang salah satunya adalah Taruni.

Selanjutnya, 10 orang calon Akpol yang diberangkatkan mengikuti tes tingkat pusat semarang 2 diantaranya tidak lulus, 8 orang berhasil menjadi Taruna Akpol yang 5 diantaranya adalah OAP.

Adapun tahap seleksi yang dilakukan dipusat mencakup tes administrasi ulang, tes kesehatan ulang, tes psikologis, pendalaman terhadap hasil tes psikologis di Polda sebelumnya, kemudian ditambah tes bahasa Inggris dan tes TPA ( Tes Potensi Akademik ), tes jasmani, tes Mental dan kepribadian.

Untuk pendidikan taruna Akpol lanjut Karo SDM Polda Papua Barat bahwa telah dibuka pada 1 agustus, dan Taruna Akpol akan menempuh pendidikan selama empat tahun.

“Kami dari SDM Polda PApua Barat mengimbau kepada adik-adik putra-putra OAP agar sejak dini sudah mempersiapkan diri untuk mendaftar menjadi Calon Taruna Akpol, karena kesempatan untuk menjadi perwira melalui jalur Taruna Akpol ini sudah dibuka kesempatan lebar-lebar bagi anak asli papua,”bebernya.(jp/ask)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta