14 C
Munich
Senin, Mei 20, 2024

35 Komunitas Terlibat Dalam Aksi Bersih Pantai Abasi Manokwari

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Sebanyak 35 komunitas di Manokwari, menggelar aksi bersih-bersih pantai Abasi dari sampah plastic, Minggu (18/8/2019).

Aksi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Pandu Laut Nusantara 2.0 yang dilakukan serentak di lebih dari 130 titik di Indonesia, sekaligus dalam rangka HUT Ke 74, Republik Indonesia.

Dari hasil bersih-bersih pantai, berhasil terkumpul kurang lebih 70 tras bag sampah plastic yang diangkut 2 truck sumbangan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Manokwari.

Koordinator Pandu Laut Manokwari, Toto Rizqi Darwinto mengatakan, kegiatan ini murni partisipatif kolaboratif berbagai komunitas di Manokwari, sehingga tidak ditonjolkan logo lembaga dalam kegiatan tersebut.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak yang telah mensuport kegiatan Pandu Laut di Manokwari, sehingga bisa terlaksana dengan baik dan sukses.

“Saya berharap pada Pandu Laut 3.0 tahun 2020 nanti, dapat dihandle oleh pemangku kepentingan, sehingga pelaksanaan mendatang dampaknya bisa lebih besar,” ujarnya.

Kegiatan Landu Laut 2.0 di Manokwari, terlihat sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, karena kehadiran kelompok anak-anak sekitar lokasi kegiatan yang mendapat edukasi tentang sampah dan pentingnya menjaga laut.

Edukasi terhadap anak-anak ini difasilitasi oleh dosen dan pemerhati lingkungan dari Universitas Papua, Ibu Menik.

Selain itu, Panitia Pandu Laut Manokwari juga menyediakan sejumlah doorprice ramah lingkungan, yang diperebutkan oleh para peserta bersih-bersih pantai. Doorprice ini merupakan sumbangan dari Badan Pusat Statistik Papua Barat.

Sehari sebelumnya, Pandu Laut Manokwari, melakukan Talkshow dengan tema Mengatasi Sampah Laut Dari Sumbernya, dengan pembicara Dosen Ilmu Kelautan Universitas Papua, Ricardo Tapilatu, Kabid Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Manokwari, Fredy Risamasu dan Ketua Komunitas Anak Air Manokwari, Agus Yan Rumbewas.

Pandu Laut Nusantara sendiri merupakan gerakan social masyarakat yang diresmikan pada 2018 oleh Ibu Susi Pudjiastuti, terdiri dari berbagai lapisan individu dan komunitas yang menaruh perhatian pada keberlangsungan kehidupan laut.(**/rls)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta