4.5 C
Munich
Minggu, April 21, 2024

13 Spesimen Covid-19 dari Papua Barat akan Dikirim ke BBLK Makassar

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Pemeriksaan uji ”swab” dan spesimen darah pasien terduga terinfeksi Covid-19 dari Papua Barat, akan dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel).

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Papua Barat, dr.Arnold Tiniap, mengatakan, BBLK Makassar telah menyatakan kesediaan untuk melakukan pengujian spesimen tes swab dari Papua Barat setelah dikoordinasikan belum lama ini.

“Ada 13 spesimen dari Papua Barat yang akan diuji di BBLK Makassar. Dalam waktu dekat segera dikirim,” ujar Tiniap, Selasa (7/4/2020) malam.

Tiniap mengatakan secara regional, spesimen dari Papua Barat dapat di uji di Laboratorium kesehatan Jayapura, Papua. Namun terkendala sarana transportasi pengiriman, mengingat Provinsi Papua masih melakukan pembatasan sementara.

Tiniap juga mengatakan, Papua Barat hingga saat ini masih menunggu hasil 12 spesimen yang telah dikirim dua pekan lalu ke Balitbangkes kemenkes RI.

“Masih ada 12 spesimen lainnya di Jakarta. Pengiriman sudah dua minggu lalu, tapi masih dalam proses dan hasilnya belum ada,” ujarnya.

Terkait media pengiriman spesimen tes swab, Tiniap mengakui sampai saat ini masih tersedia Virus Transport Media (VTM) dan cukup hingga beberapa waktu ke depan.

“Pekan lalu gugus tugas Papua Barat baru terima penambahan 500 unit VTM dari Kemenkes RI,” tutupnya.(akp)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta