4.5 C
Munich
Minggu, April 21, 2024

Yosias Saroi Mengaku Didesak Masyarakat Pemilik Ulayat Terbitkan Rekomendasi Izin Tambang Emas

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com— Bupati Kabupaten Pegunungan Arfak Yosias Saroi mengaku, mendapat desakan dari masyarakat pemilik hak Ulayat untuk mengeluarkan rekomendasi izin penambangan Emas.

Hal itu dilaporkan Yosias Saroi pada pertemuan Kunker Komite I DPD RI dengan Pj Gubernur Papua Barat Komjen Pol Drs Paulus Waterpauw M.Si, Selasa (31/1/2023) di Lantai II Kantor Gubernur PB, Arfai.

Ia menerangkan, persoalan penambangan emas secara ilegal yang dilakukan oleh masyarakat adat di Kabupaten Pegaf bukanlah hal yang lazim dan harus segera mendapatkan perhatian serius baik pemerintah provinsi Papua Barat maupun Pemerintah Pusat.

“Dia kali saya hampir dapat panah dari masyarakat. Untuk itu saya harap bapak – bapak dari komite I DPD RI bisa menindaklanjuti persoalan ini kepada pemerintah di pusat sehingga pemerintah juga serius melihat ini,”tegasnya

Karena masyarakat diwilayah ini selalu meminta dikeluarkannya rekomendasi penambangan emas.

“Masyarakat tinggal minta saya rekomendasi. Karena ada beberapa gunung di Pegaf yang memang memiliki potensi emas dimaksud. Sehingga saya harap regulasi terkait tambang emas rakyat agar segera diterbitkan,”cetusnya

Ia menilai, dilakukannya Penambangan emas secara ilegal oleh masyarakat karena mungkin masyarakat sudah tidak percaya lagi kepada negara.(jp/adv)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta