4.5 C
Munich
Minggu, April 21, 2024

Warga Papua Barat Terima 3.041 Sertifikat Tanah Dari Presiden

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Presiden RI, Jokowi Widodo membagikan 1 juta sertifikat tanah kepada masyarakat di 31 Provinsi dan 251 Kabupaten/kota se Indonesia.

Penyerahan sertifikat secara virtual oleh Presiden, disaksikan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia, Sofyan Djalil dan sejumlah kepala daerah dan masyarakat penerima sertifikat tanah.

Di Papua Barat, kebagian sertifikat tanah sebanyak 3.041 sertifikat, untuk masyarakat di 5 Kabupaten/Kota, yakni Manokwari, Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kaimana dan Fakfak.

“Pembagian 1 juta sertifikat tanah ini merupakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang ada di Kementerian ATR/BPN setiap tahunnya,” kata Kepala Kakanwil Badan Pertanahan Nasional Papua Barat, Freddy Kolintama, Senin (9/11/2020).

Menurutnya, pembagian 1 juta sertifikat tanah seharusnya dilakukan pada bulan April dan Mei 2020. Namun karena kondisi pandemi, sehingga terjadi pergeseran anggaran yang berdampak pada proses pengerjaan sertifikat tanah bagi masyarakat.

Selain itu, dia menyebutkan, pembagian sertifikat tanah program PTSL dilakukan secara serentak di suatu kampung (desa). Sehingga apabila ada lahan/pekarangan yang dimiliki oleh masyarakat dan belum mengantongi izin, maka dapat mendaftar pada program PTSL.

“Sasaran dari program PTSL, seluruh tanah/pekarangan masyarakat wajib disertifikasi dan dilindungi oleh Negara, dan tidak ada lagi perbedaan karena program PTSL ini menyasar seluruh warga desa,” jelasnya.

Dia juga mengatakan akibat pandemi menyebabkan perolehan sertifikat yang ditargetkan sebanyak 15.000 tidak terpenuhi. Sehingga pihaknya berusaha menyelesaikan sisa dari 3.041 dari yang ditetapkan untuk Papua Barat sebanyak 5.500 sertifikat di tahun 2020.

“Pandemi menyebabkan terjadinya pergeseran anggaran yang mengakibatkan target sertifikat tanah tidak tercapai,” ucapnya.

Ia merinci beberapa daerah terbanyak penerima sertifikat tanah di antaranya, Kabupaten Sorong dan Fakfak 800 sertifikat. Sementara daerah lainnya sesuai dengan pengusulan masyarakat yang diproses oleh Badan Pertanahan di Kabupaten/Kota.

“Penyerahan simbolis hari ini khusus di Manokwari 30 sertifikat oleh Gubernur Papua Barat, sementara daerah lainnya besok sudah dapat diambi di kantor BPN,” tandasnya.(sos)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta