10.6 C
Munich
Minggu, Mei 26, 2024

Usulan Pembentukan Pansus Papua Diterima Komite 1 DPD RI

Must read

JAKARTA, JAGATPAPUA.com – Pembentukan Panitia Khusus (Pansus Papua), untuk ikut membantu penyelesaian konflik Papua yang berkepanjangan diterima dalam Rapat Komite I DPD RI, Senin (14/10/2019).

Pembentukan Pansus Papua tersebut, disuarakan oleh anggota Senator Komite 1 DPD RI asal Papua Barat, Dr Filep Wamafma, SH, M.Hum.

“Sebagai senator dari Papua Barat, kami menyampaikan apresiasi kepada Pimpinan Komite I dan seluruh anggota Senator yang mendukung terbentuknya Pansus Papua,” ungkap Filep.

Selain pembentukan Pansus melalui Paripurna DPD RI. Ia memandang penyelesaian gejolak di Papua juga membutuhkan langkah-langkah yang cepat.

“Harapan saya, ketika Pansus terbentuk semua kelompok masyarakat di Papua dapat memberikan informasi dan data yang akurat, sehingga keputusan yang akan diambil dapat menjawab persoalan yang terjadi di wilayah timur Indonesia tersebut,” jelasnya.

Dia mengaku Senator yang tergabung dalam Komite I, sebelum penetapan Pansus akan melakukan rapat dengar pendapat, dengan Komhas HAM RI, Polri, TNI dan instansi terkait, guna mendapatkan informasi yang akurat serta menjadi dasar dalam mengambil keputusan.

Selain Pansus tentang Papua, Komite I juga untuk mendorong adanya Pansus Pemilukada dan Pemekaran wilayah di tanah Papua. Namun saat ini yang lebih diutamakan pembentukan Pansus pascarusuh dan masalah Wamena dan Nduga.

“Semoga pembentukan Pansus ini dapat memberikan kontribusi dalam rangka penyelesaian persoalan di tanah Papua,” tandasnya.(rls)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta