5 C
Munich
Kamis, Februari 29, 2024

Sambutan Haru dr Rosalina Rumaseuw Di Penutupan Side Event W20 Papua Barat

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– “Dr Rosalina Rumaseuw merupakan Ketua Cendekiawan Perempuan Papua yang resmi dilantik oleh Mentri Pemberdayaan perempuan dan Anak (PPA) RI pada 22 Maret 2022 di Jakarta,”

Ternyata dr Rosalina merupakan salah satu pemrakarsa hingga terselenggaranya side event W20 Papua Barat.

Perempuan asal suku Biak ini berharap, rekomendasi yang ditandatangani oleh semua pihak terkait “Pesan Manokwari tentang perempuan pedesaan dan disabilitas” tak hanya sebatas seremonial semata tetapi menjadi tanggung jawab bersama terutama ketua Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) dan Presidensi W20 harus ditindaklanjuti dalam G20 di Bali.

Ia mengulas perjalanan dan perjuangannya dalam mendorong harus terselenggaranya event W20 di Manokwari Papua Barat.

“Saya datang ke Manokwari pada Mei 2021 bertemu dengan bapak Drs Dominggus Mandacan untuk meminta event internasional ini dapat didukung oleh Pemprov Papua Barat. Dan puji Tuhan beliau tidak banyak alasan tetapi langsung menyetujui. Hanya beliau (Dominggus Mandacan) tanya kepada saya event W20 itu seperti apa lalu saya menjelaskan,”ungkap dr Rosalina saat memberikan sambutannya pada gala dinner dan penutupan side event W20 Kamis (9/6/2022) tadi malam di Manokwari.

Dan bahkan terkait penyelenggaraan event ini, dr Rosalina mengaku pernah menyampaikan kepada Pj Gubernur Papua Barat Komjen Pol (purn) Drs Paulus Waterpauw M.Si, yang juga sebagai pembina forum senior milenial Papua.

“Yang saya tidak menyangka beliau menjadi Pj Gubernur Papua Barat. Dan puji Tuhan semua berjalan dengan sukses,”ucapnya

dr Rosalina yang haru hingga meneteskan air mata saat menyampaikan sambutannya mengatakan, salah paham itu biasa demi hadirnya W20 di Manokwari, Papua Barat.

“Kita harus bangga, ini Event internasional yang mungkin tidak akan lagi kita dapat karena dilaksanakan dunia setiap 20 tahun sekali,”kata Rosalina

Ia menyampaikan terima kasih kepada bapak presiden RI Joko Widodo yang pada tanggal 20 Mei 2022 mau bertemu dengannya sebagai ketua cendekiawan perempuan papua diundang ke istana Negara di Bogor.

“Presiden bertanya kepada saya, apakah Manokwari siap? Saya menjawab siap bapak presiden, dari dulu siap cuman Jakarta yang tidak memberikan kesempatan kepada kita,”kata dr Rosalina menjawab pertanyaan Presiden.

“Dan bertambah siap lagi karena Pj gubernur kita adalah seorang jendral apa yang buat bapak presiden ragukan? lalu Presiden menyetujui,”ujarnya dengan nada tanya.

Untuk itu Rosalina mengucapkan terima kasih kepada ketua panitia Event W20 Melkias Werinussa dan prof Charlie Heatubun yang sering dalam mengkomunikasikan pelaksanaan event W20 ada kesalahpahaman.

“Saya sering marah-marah, padahal beliau adalah seorang profesor. Tapi semua ini hanya saya dan kita semua menginginkan yang terbaik,”kata dr Rosalina

Supaya Jakarta dan dunia tahu bahwa Manokwari Papua Barat Aman tidak seperti informasi yang selama ini di dengar bahwa Papua tidak aman dan lain sebagainya.

“Hari ini (red) saya sampaikan terima kasih kepada Tuhan dan dukungan masyarakat Manokwari Papua barat serta pemerintah sehingga event W20 dapat terselenggara,”ucapnya

“Saya percaya kalau kita melakukan dengan hati yang tulus semua akan ada mujizat Tuhan, yang terbukti hari ini (red) suksesnya penyelenggaraan event W20 di Manokwari,”tutup Rosalina.(jp/adv)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta