13.7 C
Munich
Minggu, April 14, 2024

Polda PB Upacara Peringati HUT Bhayangkara Secara Virtual, Ini Amanat Presiden RI

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Polda Papua Barat mengikuti upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-76 Tahun 2022 yang dilakukan secara virtual pada Selasa (5/7/2022) di Lapangan Upacara Mapolda, Maripi, Manokwari.

Upacara peringatan HUT Bhayangkara kali ini dipusatkan di Akademi Kepolisian (Akpol) RI Kota Semarang Jawa Tengah. Bertindak sebagai inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo. Diikuti oleh jajaran Polri di seluruh Indonesia.

“Saya mengucapkan selamat HUT Bhayangkara untuk seluruh jajaran Polri di indonesia, saya juga memberikan apresiasi atas upaya dan kerja keras Polri dalam membela Negara,”ucap Jokowi mengawali amanatnya.

Presiden Joko Widodo mengatakan banyak agenda nasional yang harus didukung penuh oleh Polri. Diantaranya terkait pembangunan ibu kota negara (IKN).

Agenda lain yang harus didukung penuh oleh Polri, kata Jokowi, yakni agenda G20 yang tengah berlangsung saat ini.

“Yang harus terus dikawal hingga puncaknya nanti KTT G20 pada November 2022 di Bali yang akan dihadiri oleh para kepala Negara di dunia serta anggota-anggota,”kata Jokowi

Selain itu, agenda besar lainnya, seperti pemilihan umum serentak pada tahun 2024 mendatang. Menurutnya Polri harus mengantisipasi dengan baik agenda tersebut.

“Berikan dukungan kamtibmas secara maksimal agar pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan baik,”terangnya

Selain itu, untuk menghadapi tugas polri yang semakin berat, ia meminta individu anggota polri dan kelembagaan polri harus terus berinovasi, adaptif, responsif dan bertransformasi menjadi institusi modern dan bersinergi dengan TNI kementerian dan lembaga-lembaga dalam menjalankan tugasnya.

“Saya perlu mengingatkan rasa keadilan dan kemanfaatan hukum harus dirasakan oleh rakyat, harus dirasakan oleh masyarakat. Polri harus mengedepankan upaya pencegahan dalam menjaga kamtibmas, lakukan berbagai tindakan pemolisian dengan humanis namun tegas ketika diperlukan. Jadikan penegakan hukum sebagai upaya terakhir, harus taat prosedur dan menjunjung tinggi hak asasi manusia,” tutup Jokowi.

Usai menghadiri upacara peringatan HUT Bhayangkara, Kapolda dan forkopimda menuju ke gedung Arfak center untuk mengikuti syukuran HUT Bhayangkara ke-76 tahun 2022.

Selain Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga ,MA, upacara secara virtual tersebut, dihadiri juga Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (purn) Drs Paulus waterpauw M.Si, Kepala suku besar Arfak Drs Dominggus mandacan M.Si, Kejati Papua Barat Juniman Hutagaol, waket II DPR Papua Barat Saleh Seknun, dan forkopimda Papua barat.(jp/adv)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta