1.9 C
Munich
Kamis, April 18, 2024

Pj Gubernur Harap Kesbangpol Segera Bentuk Panitia Seleksi DPRP Dan DPRK

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Papua Barat menggelar Rapat Koordinasi (Rakornis) se Papua Barat.

Mengusung tema “Persiapan pemerintah dalam rangka mendukung Pilkada tahun 2024 dan pengangkatan anggota DPRP/DPRK Periode 2024-2029,”.

Rapat Koordinasi yang dilaksanakan Jumat (8/3/2024) di Hotel Aston Manokwari itu dibuka oleh Pj Gubernur Papua Barat yang diwakili Staf Ahli ekonomi dan pembangunan Setda Papua Barat Nico Utung Tike.

Rakornis tersebut juga merupakan rangkaian menjelang seleksi anggota DPRP dan DPRK se Papua Barat.

Dalam sambutan tertulis Gubernur yang dibacakan, Nico Tike mengatakan kegiatan ini sangat penting karena Kesbangpol sebagai penggerak untuk mempersiapkan tahapan seleksi anggota DPRP dan DPRK ditingkat Kabupaten.

Untuk itu, Pj Gubernur berharap Kesbangpol harus menyiapkan diri dalam melaksanakan pembentukan panitia seleksi anggota DPRP dan DPRK tahun 2024-2029 sesuai kewenangan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 106 tahun 2022.

Staf Ahli Gubernur Nico Tike saat membacakan sambutan Pj Gubernur Papua Barat//

“Rapat koordinasi semacam ini sangatlah penting karena DPRK hasil pemilu 2024 dan pekerjaan ini motor penggeraknya adalah Kesbangpol, untuk itu saya berharap Kesbangpol harus bersiap diri melaksanakan pembentukan panitia pemilihan yang akan menyeleksi panitia seleksi yang bertugas menjalankan seleksi anggota DPRP dan DPRK sesuai kewenangan yang diberikan oleh PP 106 Tahun 2022,”urai Niko Tike membacakan sambutan Gubernur.

Kemudian, dalam tahun ini tepatnya pada tanggal 27 November 2024, akan dilaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati periode 2024-2029.

“Tentu membutuhkan energi yang ekstra untuk melahirkan pemimpin yang baik sebagaimana syarat kepemimpinan sehingga demokrasi tidak hanya terbatas retorika saja,”ujarnya

Ia menuturkan, dalam penyelenggaraan pemerintahan pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan dibutuhkan stabilitas politik ekonomi dan sosial kemasyarakatan pada suatu daerah karena akan ikut berpengaruh baik langsung maupun tidak langsung kepada daerah lain.

Selanjutnya berdampak luas bagi kelangsungan pembangunan di Indonesia khususnya di Provinsi Papua Barat.

Untuk itu Kesbangpol perlu memperhatikan surat Mendagri nomor 910/ 30 37/ POLPUM tanggal 28 April 2021 tentang dukungan anggaran sukses Pemilu dan Pilkada tahun 2024.

Surat Gubernur Papua Barat nomor. 171/199/GPB 2022 tanggal 10 januari 2022 tentang penetapan daerah penangkapan dan alokasi kursi angkatan anggota DPRP dan DPRK.(jp/fir)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta