3.5 C
Munich
Sabtu, April 20, 2024

Peringati Hari Buruh, BPJS kesehatan Hadirkan Layanan Keliling

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com — Memperingati May Day yang jatuh pada tanggal 1 Mei pada umumnya para Pekerja/Buruh dan Serikat Pekerja/Buruh akan turun ke jalan untuk menyuarakan atau menyampaikan aspirasinya kepada Pemerintah.

Pada peringatan May Day tahun 2023 di Kabupaten Manokwari memeriahkan dengan berbagai kegiatan Positif yaitu Senam Sehat, Pertunjukan Musik, Pertandingan Futsal, Pemeriksaan Kesehatan dan Donor Darah serta Pembagian Sembako di Halaman Kantor Kejaksaan Tinggi Provinsi Papua Barat yang dihadiri oleh puluhan Pekerja/Buruh, Senin (01/05).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Papua Barat yang berkolaborasi dengan Kejaksaan Tinggi Provinsi Papua Barat, Disnakertrans Kabupaten Manokwari, BPJS Kesehatan Cabang Manokwari, BPJS Ketenagakerjaan Manokwari, Bank Papua, PMI Manokwari dan Puskesmas Sanggeng.

BPJS Kesehatan Kantor Cabang Manokwari ikut berpartisipasi dengan menghadirkan Mobile Customer Service (MCS) atau biasa disebut BPJS Kesehatan Keliling. BPJS Kesehatan Keliling merupakan Kanal Layanan Tatap Muka dengan menggunakan kendaraan roda empat dilengkapi dengan infrastruktur pendukung operasional layanan peserta yang mengusung konsep “jemput bola” untuk memfasilitasi peserta dalam mendapatkan layanan administrasi kepesertaan, informasi dan penyampaian pengaduan langsung yang berkaitan dengan program JKN.

“Untuk lebih mempermudah peserta JKN selain melalui BPJS Kesehatan Keliling, kami juga memberikan pelayanan secara Online yaitu Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) 08118165165 serta layanan pemberian informasi dan pengaduan melalui BPJS Kesehatan Care Center 165. Dengan hadirnya BPJS Kesehatan Keliling, banyak peserta yang antusias berkunjung untuk mengakses layanan administrasi dan memperoleh informasi yang dibutuhkan. Selain itu juga partisipasi ini dapat menjalin hubungan baik dengan instansi terkait untuk keberlangsungan Program JKN,” Ucap Pps Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manokwari Ria Pasauran.

Sementara salah satu pengunjung yang mengakses layanan informasi di BPJS Kesehatan Keliling ialah Murphy Way (28) yang terdaftar pada segmen peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) menanyakan anggota keluarganya yang belum mencetak kartu BPJS Kesehatan.

“Kebetulan hari ini ada layanan BPJS Kesehatan Keliling pada kegiatan May Day sehingga saya mengunjungi untuk menanyakan kartu BPJS Kesehatan, karena istri sudah masuk tanggungan saya sebagai pekerja. Saya khawatir dikemudian hari tiba-tiba sakit dan mau berobat tidak ada kartu,” ucapnya.

Petugas BPJS Kesehatan memberikan edukasi dan informasi bahwa peserta JKN dapat mengakses layanan Kesehatan pada fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) dengan menggunakan NIK/KTP dan juga dapat mengunduh Aplikasi Mobile JKN. Pada aplikasi Mobile JKN terdapat kartu KIS Digital yang bisa digunakan dalam mengakses layanan Kesehatan, selain itu masih banyak fitur-fitur menarik lainnya yang dapat diakses oleh peserta JKN seperti fitur Info Peserta, Pendaftaran Pelayanan (Antrean), Pendaftaran Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB), Perubahan data (Turun/Naik Hak Kelas Perawatan, Nomor Handphone, FKTP, dll), serta fitur lainnya.

“Saya merasa beruntung BPJS Kesehatan membuka layanan pada kegiatan May Day, sehingga pada kesempatan ini saya bisa mendapatkan informasi bahwa sekarang selain berobat menggunakan kartu JKN, berobat cukup dengan menunjukan KTP saja sudah bisa dilayani. Sekarang juga tidak perlu mengantre di faskes karena bisa mengambil nomor antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN,” tandas dia. (jp*)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta