5 C
Munich
Kamis, Februari 29, 2024

Peringati HAKI Tahun 2019, Kejaksaan Manokwari Gelar Upacara

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Kejaksaan Negeri Manokwari, menggelar upacara dalam rangka Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) tahun 2019.

Upacara berlangsung di halaman kantor Kejari Manokwari, Senin (9/12/2019), dihadiri oleh perwakilan pelajar SMA dan SMP di Manokwari.

Tahun ini HAKI mengambil tema “Bersama Melawan Korupsi, Mewujudkan
Indonesia Maju”.

Kepala Kejaksaan Negeri Manokwari, yang diwakili, Kasipidum, A.St. Cherdjariah, SH, MH, saat membacakan amanat Jaksa Agung RI, Burhanuddin mengatakan tema ini, relevan untuk semakin meneguhkan komitmen dan tanggung jawab bersama untuk saling bahu membahu dalam proses penegakan hukum, pencegahan dan pemberantasan korupsi guna memajukan Indonesia.

“Berangkat dari pemahaman korupsi merupakan musuh bersama, maka sudah tentu agenda pemberantasan korupsi harus merepresentasikan upaya yang melibatkan partisipasi semua komponen bangsa,” ungkapnya.

Selain itu, dia mengatakan aparatur Kejaksaan sebagai garda terdepan, harus memiliki peran penting dan vital dalam penegakan hukum, sehingga sudah sepatutnya mendorong dan menggerakkan setiap warga masyarakat dan komponen lainnya untuk menjadi bagian dari gerakan moral dalam memerangi korupsi di level mana pun.

“Fakta menunjukkan, seringkali korupsi tumbuh subur sebagai bagian dari masifnya kekuasaan ekonomi, hukum, dan politik. Bahkan merupakan bagian dari sistem itu sendiri. Dengan sistem yang korup, tidak jarang dalam praktiknya pula memaksa individu untuk melakukan korupsi,” tuturnya.

Dia mengaku fenomena praktik korupsi yang melembaga ini nyaris merasuki seluruh sektor kehidupan dan dilakukan secara berulang-ulang hingga merusak sendi-sendi perekonomian, serta
menghambat pembangunan nasional.

Oleh karena itu, dalam penanggulangan korupsi ini tidak hanya semata-mata diperlukan langkah pemberantasan yang bersifat sinergis, komplementer, terintegrasi, dan proporsional, namun penanggulangannya juga harus memberikan solusi yang dapat memberikan manfaat bagi perbaikan sistem.

Usai upacara dilanjutkan aksi pembagian stiker himbauan anti korupsi oleh pelajar SMA dan SMP, bersama pegawai kejaksaan, kepada masyarakat di depan kantor Kejaksaan Negeri Manokwari.(red)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta