1.9 C
Munich
Kamis, April 18, 2024

Pemda Manokwari Serahkan Dokumen KUA PPAS APBD 2023 Dalam Rapat Paripurna DPRD

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com— Pemerintah Daerah Kabupaten Manokwari menyampaikan Kebijakan umum Anggaran (KUA) dan prioritas plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD induk T.A 2023 dalam Pembukaan Rapat Paripurna masa sidang ke III DPRD Kabupaten Manokwari, Jumat (25/11/2022) di Aula Kantor DPRD Manokwari.

 

Rapat Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua I DPRD Manokwari Bons Rumbruren, dihadiri Wakil Bupati Manokwari Drs Edy Budoyo, Sekda Manokwari drg Henri Sembiring, Waket II DPRD Norman Tambunan dan Banggar DPRD Manokwari serta pimpinan OPD dilingkup pemkab Manokwari.

Wakil Bupati Manokwari Drs Edy Budoyo mengatakan, Rapat Paripurna penyampaian dan pembahasan KUA PPAS APBD T.A 2023 ini merupakan wujud tindaklanjut pelaksanaan tugas pemerintah Kabupaten Manokwari sebagai perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta tugas DPRD Kabupaten Manokwari sebagai fungsi kontrol.

Sehingga sangat dibutuhkan keseriusan energi yang tinggi bagi para anggota dewan agar dapat meneliti dan mencermati seluruh rancangan dokumen KUA PPAS APBD Manokwari 2023.

Edy Budoyo mengatakan, Manokwari sendiri daerahnya masih didominasi oleh penerimaan pendapatan transfer dari pemerintah pusat dan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh Pempus mengenai kebijakan alokasi secara transfer ke daerah dan desa.

“Oleh karena itu kami sangat berharap bahwa tingkat kemandirian fiskal Kabupaten Manokwari dapat ditingkatkan agar daerah dapat tetap stabil perekonomiannya dan tidak berdampak banyak terhadap kebijakan-kebijakan dari pemerintah pusat terkait keuangan daerah,”ungkap Wabub Budoyo saat menyampaikan pengantar Dokumen KUA PPAS APBD 2023.

Ia menerangkan, adapun tujuan KUA PPAS pertama memberikan gambaran asumsi yang berkembang saat ini dibandingkan dengan KUA Tahun Anggaran sebelumnya.

Sementara Bons Rumbruren mengatakan
Pada prinsipnya anggaran 2023 diarahkan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan pemberdayaan dan peran serta masyarakat Manokwari serta peningkatan daya saing daerah Manokwari Tahun Anggaran 2023.

“Sudah seharusnya mengacu pada pencapaian target yang telah disusun sesuai dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati Manokwari tahun 2023 dengan tema penguatan sumber daya manusia berkualitas menunjang optimalisasi pertumbuhan ekonomi,”bebernya

Tentu Bons berharap bersama jajarannya dapat memantapkan pembangunan infrastruktur daerah, percepatan pembangunan ekonomi yang berkeadilan dan berkelanjutan, berbasis pada potensi unggulan daerah serta pembangunan manusia melalui peningkatan sumber daya manusia dan peningkatan pelayanan data.

Oleh sebab itu walaupun proyeksi pendapatan dan belanja tersebut merupakan proyeksi sementara mendekati gambaran peduli Pemerintah Kabupaten Manokwari dalam rangka pelaksanaan program dan kegiatan APBD Tahun Anggaran 2023.(jp/fir)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta