5 C
Munich
Kamis, Februari 29, 2024

Masyarakat Manokwari Diberi Penyuluhan Kehutanan Oleh Dishut Papua Barat

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Papua Barat, memberikan penyuluhan kepada masyarakat di Kabupaten Manokwari, Rabu (8/11/2023) Di Manokwari.

Kegiatan penyuluhan yang digelar di Billy Jaya Hotel itu dibuka secara resmi oleh Plt kepala Dinas Kehutanan Papua Barat Jimmy W Susanto S.Hut., MP yang diwakili Kepala bidang Perlindungan dan Penyuluhan Kehutanan Dinas Kehutanan Papua Barat Firaon Ullo S.Hut., M.Sc.

Penyuluhan tersebut diikuti oleh 38 peserta yang melibatkan kelompok tani hutan insifuri, kelompok tani hutan Anggori dan kelompok tani hutan Kobe Oser Kabupaten Manokwari.

Pembukaan Kegiatan Penyuluhan kepada masyarakat Kabupaten Manokwari, Rabu (8/11/2023).

Sebelum masuk dalam pemaparan materi oleh narasumber, Kabid Perlindungan dan Penyuluhan Firaon Ullo S.Hut., M.Sc dan Ketua Panitia Indira K.A Nagara S.Hut menyerahkan secara simbolis seragam kepada dua perwakilan peserta penyuluhan.

Dalam sambutan tertulis Plt Kadishut Papua Barat Jimmy W Susanto S.Hut., MP yang dibacakan Kabid Perlindungan dan Penyuluhan Kehutanan Firaon Ullo S.Hut., M.Sc mengatakan, hutan tak hanya menjadi paru – paru dunia tetapi juga menjadi pusat kehidupan yang memberi manfaat bagi semua mahluk hidup.

Sehingga sangat penting menjaga kelestarian hutan untuk kemakmuran masyarakat terutama para generasi saat ini dan akan datang.

Penyerahan baju seragam penyuluhan oleh Kabid Perlindungan dan Penyuluhan Firaon Ullo S.Hut., M.Sc dan Ketua Panitia Indira K.A Nagara S.Hut kepada perwakilan peserta penyuluhan.

“Kiranya dapat dijaga dilindungi dan dikelola dengan penuh rasa tanggung jawab secara Arif dan bijaksana agar hutan dan alam tidak rusak . Semua ini akan terwujud apabila didukung oleh semua pihak tanpa terkecuali masyarakat di Manokwari,”kata Firaon Ullo

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah hadir mengikuti penyuluhan ini.

“Saya harap agar penyuluhan ini dapat diikuti dengan baik sehingga memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat dalam pengelolaan hutan di Papua Barat, “harap Firaon Ullo

Ketua Panitia Indira K.A Nagara S.Hut saat membacakan Laporannya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada tim kerja dinas kehutanan Papua barat bidang pengamanan dan penyuluhan kehutanan yang telah merancang dan melaksanakan kegiatan penyuluhan dimaksud.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyuluhan Kehutanan kepada masyarakat di Kabupaten Manokwari, Indira K.A Nagara S.Hut mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar masyarakat dapat berperan serta dalam melindungi dan menjaga kelestarian hutan dengan memanfaatkan hasil hutan bukan kayu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Foto bersama peserta penyuluhan dan para narasumber.

Adapun Narasumber yang akan membawakan materi berasal dari kesatuan pengelolaan hutan lindung unit XII Manokwari, fakultas pertanian Unipa dan dinas kehutanan Papua barat.

“Materi yang akan dipaparkan para narasumber adalah terkait pengembangan perhutanan sosial , pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan hasil hutan bukan kayu untuk meningkatkan pendapatan keluarga dan peran serta masyarakat dalam perlindungan hutan,”beber Indira Nagara yang juga adalah Kepala Seksi Penyuluhan Kehutanan Dinas Kehutanan Papua Barat.(jp/ask)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta