13.7 C
Munich
Minggu, April 14, 2024

Laksanakan Perintah UU, Bupati Manokwari Serahkan Bantuan Dana Kepada 11 Parpol

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Menindaklanjuti perintah UU nomor 2 tahun 2008 yang telah diubah dengan nomor 2 tahun 2011 yang menyebutkan partai politik berhak memperoleh bantuan keuangan yang bersumber dari APBN atau APBD.

Maka pemerintah daerah Manokwari Tahun 2022 menganggarkan bantuan keuangan sebesar 1.999.978.704 (satu milyar sembilan ratus sembilan puluh sembilan juta sembilan ratus tujuh puluh delapa ribu, tujuh ratus empat rupiah) untuk 11 partai Politik di Manokwari

Bantuan keuangan itu diserahkan secara langsung oleh Bupati Manokwari Hermus Indou SIP.,MH disaksikan ketua KPU Manokwari abdul Muin salewe, Ketua Bawaslu Manokwari Prawar, Kepala Kesbangpol Manokwari Drs Jaka Mulyata , juga pejabat dilingkup Pemda Manokwari, Kamis (7/7/2022) di ruang sasana Karya Kantor Bupati Manokwari.

11 Parpol tersebut yang memiliki Kursi di DPRD Kabupaten Manokwari periode 2019-2024, yakni Partai PDIP, Golkar, Nasdem, Perindo, PKS, Hanura, PKB,PAN, Demokrat, PKPI, Gerindra.

Bupati Hermus mengatakan, bantuan keuangan bagi parplol tersebut diharapkan mampu mendorong kemandiriannya menjadi satu organisasi yang bersifat nasional dan modern.

Keuangan politik sebagaimana diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan pada prinsipnya adalah untuk kegiatan pendidikan politik serta penjelasan sekretariat partai politik di samping sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 78 tahun 2020.

Permendagri itu menyebutkan bahwa bantuan keuangan kepada parpol juga dapat digunakan untuk mendukung penanggulangan pandemi covid-19 yang masih ada sampai sekarang.

Penyerahan Banten keuangan politik secara simbolis ini bagian dari menjalin silaturahmi antara pemerintah dengan seluruh partai politik yang ada di Kabupaten Manokwari sehingga tercipta 1 komunitas yang baik antara pemerintah dan parpol.

Ia berharap bantuan kepada parpol tersebut dapat mendukung program kerja yang sudah direncanakan kususnya dalam hal menjalankan kaderisasi partai sehingga mampu melahirkan calon-calon pemimpin bangsa yang baik dan berdedikasi tinggi di masa yang akan datang.

“Kiranya parpol dapat terus memberikan dukungan terhadap program-program kerja pemerintah. Tetap menjaga hubungan yang harmonis bagi partai yang memiliki kursi di DPRD kabupaten dengan pemerintah daerah,”harap Bupati

Ia menyadari kehadiran partai politik dalam sistem pemerintahan yang demokratis adalah satu hal yang penting sebab sebagai organisasi yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat partai politik juga berfungsi menyerap merumuskan dan menyalurkan kepentingan masyarakat.(jp/alb)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta