5.3 C
Munich
Sabtu, April 20, 2024

KLHK Telah Mewisuda 450 SMK Kehutanan

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com– Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BP2SDM) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah mewisuda 450 lulusan SMK Kehutanan Negeri (SMKKN).

Kepala Pusat Pendidikan SDM dan LHK Novia Widyaningtyas mengatakan SMKKN hadir sebagai sarana pendidikan untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkarakter, kompeten dan berjiwa usaha.

Kepala Pusat Pendidikan SDM dan LHK Novia Widyaningtyas.

“Diharapkan lulusan SMKKN terutama lulusan SMKKN Manokwari mampu menjadi tenaga kehutanan menengah, yang siap untuk bekerja dan dapat berperan aktif dalam mendukung kebijakan pemerintah di sektor lingkungan hidup dan kehutanan,” ungkap Novia.

Dengan kompetensi teknis dan jiwa entrepreneurship yang dimiliki, selain terampil dan cekatan di lapangan, mereka juga dapat menjadi penggerak pembangunan kehutanan dan pendamping masyarakat dalam pemanfaatan akses perhutanan sosial.

SMKKN membekali siswanya dengan keahlian terpadu sehingga akan siap bekerja, baik sebagai aparatur sipil negara, bekerja di sektor swasta, maupun berwirausaha.

“Paket keahlian SMKKN diantaranya adalah produksi hasil hutan, inventarisasi dan pemetaan hutan, rehabilitasi dan reklamasi hutan, serta konservasi sumber daya hutan,” terang Novia.

Rincian 450 lulusan SMKKN terdiri atas SMKKN Pekanbaru, SMKKN Kadipaten, SMKKN Samarinda, SMKKN Makassar Siswa, dan SMKKN Manokwari.

Untuk itu KLHK akan terus mengupayakan, memfasilitasi agar lulusan SMKKN ini, sedapat mungkin siap bekerja.

“Salah satu bidang produksi hasil hutan itu, akan diberikan tambahan diklat untuk siap menjadi tenaga teknis untuk kayu bulat rimba” terang Novia.

Lanjut Novia, strategi kedepan kami akan mengembangkan pendidikan fokasi, mempersiapkan tata tenaga yang siap kerja dalam dunia kerja dan industri sesuai dengan link and matchnya.

Menurut Novia, tantangan yang dihadapi di bidang lingkungan hidup dan kehutanan semakin meningkat, terkait ketahanan pangan, energi dan ketersediaan air.

“Kontribusi nyata lulusan siswa SMKKN menjadi penting dalam rangka pembangunan berkelanjutan untuk masa depan Indonesia yang lebih baik,” tutur Novia, pada saat menghadiri sekaligus mewisuda Lulusan SMKKN Manokwari, Angkatan XI Tahun 2019 di Valdos Hotel, Kamis (9/5/2019).

Untuk itu dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan SMKKN, BP2SDM KLHK terus berupaya mengembangkan sarana dan prasarana pembelajaran, peningkatan kapasitas dan kompetensi guru-guru SMKKN, perluasan kerjasama dengan dunia usaha dan industri kehutanan, serta pengembangan kurikulum berbasis kewirausahaan.(el)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta