5.3 C
Munich
Sabtu, April 20, 2024

Kawasan Perdesaan Agropolitan Sidey Diresmikan

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Direktorat Jenderal (Dirjen) Pembangunan Kawasan Perdesaan Harlina Sulistyorini bersama Direktorat Kementrian Desa dan PDDT Lutfi Latif mengadakan kunjungan di Kampung Sidey Jaya, Distrik Masni, Kabupaten Manokwari, Kamis (11/7/2019).

Kunjungan tersebut sekaligus peresmian paket bantuan program pengembangan kawasan perdesaan Agropolitan Sidey, berupa, Pasar Kawasan, Rice Milling Unit, Jalan Lingkar Pasar Kawasan dan Rumah Pajang Bumdesma di halaman Bumdes Bersama Jalan Poros Kampung Sidey Jaya.

Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo mengatakan kawasan Agropolitan Sidey merupakan salah satu Kawasan Prioritas Nasional (KPN), dibentuk untuk meningkatkan interaksi ekonomi antar desa dalam maupun luar kawasan.

“Pembangunan Kawasan Perdesaan (PKP) juga merupakan satu pendekatan penyelesaian permasalahan desa dan kawasan perdesaan, karena hal tersebut adalah faktor penting bagi pembangunan daerah, pengentasan kemiskinan, dan pengurangan kesenjangan antar wilayah,” ungkap Wabub.

Lanjut Wabup, kiranya PKP Sidey dapat menjadi bagian dari program, guna mendukung target sasaran yang ditetapkan dalam RPJMN 2015-2019, untuk mengurangi desa tertinggal, menjadi desa mandiri dan berkembang.

Sementara itu Dirjen Pembangunan Kawasan Perdesaan Harlina Sistyorini menyatakan Kabupaten Manokwari merupakan salah satu lokasi Kawasan Prioritas Pembangunan Nasional (KPPN), tepatnya di perdesaan Sidey, dengan tema sebagai kawasan agropolitan.

“Kawasan ini mencakup 12 Kampung dengan konsep pengembangan agropolitan, mendorong klaster-klaster pengembangan komoditas unggulan, seperti produk-produk pertanian dan perkebunan,” terang dia.

Herlina berharap dengan adanya Bumdes Sidey Maju Bersama, menjadikan masyarakat semakin mandiri dan berinovasi.

“Kepada pengelola Bumdes, supaya lebih optimal dalam melaksanakan apa yang sudah menjadi tanggung jawabnya. Karena berkelanjutan itu gampang diucapkan, tapi susah untuk dilaksanakan,” tandasnya.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan penyerahan SK penghapusan asset bantuan Jalan Antar Desa, di Kelurahan Andai, Manokwari Selatan, T.A 2019, Dari Kementrian Desa PDDT Ke Pemda Manokwari, penandatanganan prasasti Sidey Jaya, serta peresmian koperasi Bumdes Sidey.

Acara tersebut dihadiri oleh Pimpinan OPD Lingkungan Kabupaten Manokwari, serta Forkopimda Kabupaten Manokwari bersana tamu undangan lainnya.(el)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta