15 C
Munich
Kamis, Mei 30, 2024

Hermus Buka Pekan Bayar Pajak Sambut HUT Kota Manokwari ke 124 Tahun

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com— Dalam rangka bulan Bhakti gotong royong HUT Kota Manokwari ke 124 tahun 2022, Pemda Manokwari menggelar kegiatan pekan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Pedesaan (PBB P2) Senin (10/10/2022) di Halaman Kantor Bapenda Manokwari.

Pekan pembayaran pajak itu dibuka Bupati Manokwari, Hermus Indou SIP.,MH. Ia mengatakan, Fakta membuktikan bahwasanya hampir 80% daerah di Indonesia termasuk di Kabupaten Manokwari masih menggantungkan penerimaan daerah hanya dari pendapatan-pendapatan yang sifatnya konvensional.

Baik DAU, DAK atau dana transfer pusat ke daerah. Hingga saat ini pemerintah perlu secara maksimal mengelola dan meningkatkan pendapatan asli daerah.

“Saya sangat mengapresiasi dispenda Kabupaten Manokwari,”ucapnya

Ia mengakui, kinerja untuk meningkatkan PAD Manokwari sangat luar biasa. Ini untuk memastikan bahwasanya pertumbuhan ekonomi dan PAD harus terus didorong sehingga dapat mampu mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk mensejahterakan masyarakat diwilayah ini.

Ia menilai pekan pembayaran Pajak momentum yang tepat guna meningkatkan Kesadaran pentingnya ketaatan membayar pajak secara tepat waktu tanpa harus menunggu jatuh tempo.

“Ketaatan masyarakat yang baik dalam membayar pajak harus terus ditumbuh kembangkan sehingga dapat dijadikan teladan bagi para wajib pajak,”tutur Hermus

Ia berharap dukungan dari semua pihak baik kepala distrik, kepala kampung, tokoh masyarakat dan seluruh OPD agar kegiatan bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin sehingga pajak bisa lunas tepat waktu.

Sementara Kepala Bapenda Kabupaten Manokwari, Sius Yenu menerangkan, tujuan diadakannya kegiatan pekan membayar pajak adalah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak terutama dari PBB P2.

“Dan meningkatkan partisipasi masyarakat wajib pajak PBB P2,”kata Yenu

Dalam rangkaian HUT Manokwari, Bapenda juga melakukan pelayanan pembayaran PBB P2 dan Retribusi sampah di 9 Kelurahan yaitu Distrik Manokwari Barat 7 Kelurahan dan Distrik Manokwari Selatan 2 Kelurahan.

Bapenda menyiapkan undian dengan 9 hadiah, salah satu hadiah utama yaitu 1 unit kendaraan roda dua yang akan diserahkan pada puncak HUT Kota Manokwari November nanti.

Dalam menerima undian juga lanjut Yenu, peserta tidak di batasi dalam pengambilan nomor karena di dapatkan melalui nomor obyek pajak yang sudah lunas PBB selama 5 tahun.

Ia pun merinci hadiah yang diundikan dalam kegiatan gebyar pembayaran PBB yaitu, Satu unit motor, 3 smart TV 32 inc untuk 3 orang pemenang, 3 unit mesin cuci untuk 3 pemenang, 3 unit kulkas 1 pintu untuk 3 pemenang.

Selanjutnya, 3 unit magic com untuk 3 orang pemenang, 3 unit dispenser untuk 3 orang pemenang, 3 unit kipas angin, 3 unit kompor gas portabel dan 3 unit piring dan gelas.

Kegiatan Pekan pembayaran PBB P2 dilaksanakan mulai tanggal 10 hingga 17 Oktober 2022, di pusatkan di halaman kantor Bapenda.(jp/alb)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta