23.4 C
Munich
Kamis, Juni 17, 2021

Hermus Akui Suku Byak Memiliki Kontribusi Terhadap Pembangunan di Tanah Papua

Must read

Bupati⁹MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou SIP.,MH mengakui bahwa masyarakat suku Byak, telah berkontribusi terhadap kemajuan pembangunan di tanah Papua tidak terkecuali Manokwari.

Untuk itu, Bupati berharap Mubes I Suku Byak dapat memberikan manfaat yang besar bagi pembangunan di tanah Papua dan juga provinsi Papua Barat.

Ini diungkap Bupati Hermus, saat menyampaikan sambutannya pada Musyawarah Besar I Suku Byak, Jumat (11/6/2021) di Mansinam Beach Manokwari.

Ia mengatakan, Suku Byak adalah suku yang besar, juga suku yang sulung di tanah Papua, suku ini besar karena keberadaaan masyarakat Byak tidak hanya di kabupaten Biak Numfor, tetapi mendominasi disemua daerah di tanah Papua, termasuk Manokwari.

“Suku Byak ada dimana-mana dan kebesarannya itu telah di gambarkan melalui kasih dan cintanya yang pada akhirnya menjadi berkat bagi seluruh masyarakat tanah Papua,” sebut orang nomor 1 di Manokwari ini.

Menurut Bupati, suku Byak dijuluki Suku sulung, karena dua indikator penting yakni, Suku Nyak membangun interaksi sosial dengan dunia luar untuk menerima transformasi peradaban dari luar.

Tetapi transformasi peradaban yang di terima nya tidak disimpan untuk dirinya sendiri, Suku Biak adalah suku yang di pakai oleh Tuhan sejak dahulu kala.

“Saya menyatakan suku ini adalah suku yang menerima perjanjian dari pada Tuhan, dan mengawal perjanjian itu supaya semua orang yang hidup di tanah Papua tidak menjadi budak di tanahnya sendiri,” ucap Bupati.

Selain itu, lanjut Bupati, Suku ini telah di pakai oleh Tuhan dan menjadi berkat, suku ini tidak egois, suku ini adalah suku yang mementingkan kepentingan orang banyak di tanah Papua.

“Kami suku besar Arfak hari ini boleh bermegah dengan semua yang ada, karena harga yang di bayar oleh Suku Biak untuk meninggalkan negerinya, naik sampai ke pedalaman sekalipun membayar harga,” terang Bupati.

“Mewakili mewakili pemerintah dan masyarakat Manokwari yang telah menerima berkat yang di berikan oleh Tuhan, melalui Suku Biaak, kami menyampaikan terimakasih,” ujar Bupati.(jp/alb)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article