13.7 C
Munich
Minggu, April 14, 2024

Filep Wamafma Akan Tindak Lanjuti Aspirasi Pencaker Bintuni

Must read

BINTUNI, jagatpapua.com – Wakil Ketua Komite I DPD RI Dr. Filep Wamafma menerima aspirasi dan keluhan dari perwakilan para Pencari Kerja (Pencaker) di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat.

“Maksud dari pertemuan singkat ini adalah untuk menceritakan kondisi yang kami hadapi selama ini, dan tidak pernah ada tanggapan dari pihak pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni maupun Pemprov Papua Barat, termasuk DPRD Bintuni maupun DPR Papua Barat,” kata ketua Prncakrer Bintuni Frans Asyerem saat menemui Filep Wamafma di Teluk Bintuni usai menghadiri undangan rapat koordinasi Gereja Pantekosta Tabernakel (GPT), Selasa (21/2/2023).

Didampingi pengurus pencaker, Frans menyampaikan hal itu mewakili aspirasi masyarakat Teluk Bintuni terutama para pemuda asli Papua di Teluk Bintuni yang belum berkesempatan mendapat pekerjaan.

“Kami juga sudah melakukan berbagai upaya sehingga saat ini sudah ada anak asli Bintuni dan anak asli Papua di luar Teluk Bintuni bisa terakomodir mendapat kesempatan bekerja pasca pandemi covid-19 lalu. Namun masih banyak pemuda OAP yang hingga kini belum juga mendapat pekerjaan,” katanya.

Frans menambahkan, para pencaker sempat melakukan demonstrasi dan memalang perusahaan raksasa BP Tangguh pada 2022 lalu lantaran aspirasi mereka tidak diperhatikan. Pasalnya, menurut Frans, anak asli daerah penghasil migas terbesar ini layak diakomodir untuk dapat bekerja, terutama di perusahaan BP Tangguh yang beroperasi di Bintuni.

Menanggapi aspirasi pencaker, Dr. Filep Wamafma akan berupaya mencari solusi bersama atas persoalan tersebut, salah satunya membicarakan hal ini dengan kementerian terkait dan bila diperlukan memanggil para pihak yang terkait di BP Tangguh Teluk Bintuni guna mendapat solusi atas aspirasi anak asli Bintuni tersebut.

“Kami akan tindaklanjuti aspirasi ini kepada kementerian terkait agar segera ada solusi untuk teman-teman pencaker,” ujarnya.

Selain itu, Filep Wamafma yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) wilayah Indonesia Timur yang meliputi NTT, NTB, dan tanah Papua, akan membahas aspirasi para pencaker ini dalam agenda kerja SPSI ke depan.

“Kami juga bersama para pengurus SPSI akan membahas masalah ini dalam agenda kerja. Ke depan, SPSI juga akan dibentuk di tingkat kabupaten/kota di Papua Barat agar setiap persoalan yang dialami oleh masyarakat segera terserap dan dicarikan solusi bersama pemerintah daerah serta pihak lainnya,” ungkap Filep

Lebih lanjut, Filep meminta agar para pencaker menyiapkan data tertulis berupa deskripsi dan kronologi permasalahan sesuai fakta yang dialami. Data ini akan menjadi bahan aspirasi guna ditindaklanjuti kepada pemerintah pusat dan stakeholder terkait lainnya.

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta