5.6 C
Munich
Selasa, April 16, 2024

Dance Sangkek Pimpin Upacara Hardiknas 2023 Papua Barat, Semarak Merdeka Belajar

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com — Sekretaris Daerah Papua Barat Dance Sangkek Pimpin Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023 di Halaman kantor Gubernur , Arfai, Selasa (2/5/2023).

Sejumlah sekolah menjadi peserta yakni SMA Negeri 1,SMK Negeri 2, SMA Khusus Olahraga (Smakor), SMA Taruna Kasuari Nusantara dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan.

Dalam amanatnya Dance Sangkek membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, untuk melanjutkan semangat kurikulum merdeka belajar hingga seluruh pelosok Indonesia.

“Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik,” kata dia.

Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

Dari segi pendanaan, pencarian langsung Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas belajar.

“Dengan perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang lebih terbuka. Dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi,” lanjut Mendikbud.

Menurutnya, Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap langkah berani yang sudah diambil.

“Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, Mendidik Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” tandas dia

Di akhir pelaksanaan upacara, sejumlah pertunjukan yang ditampilkan oleh Siwa Sekolah Luar Biasa Panca Kasih Papua Barat dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan Manokwari. (jp*)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta