5 C
Munich
Kamis, Februari 29, 2024

Cuaca Buruk, Harga Ikan di Pasar Tradisional Manokwari Meningkat

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Harga ikan lokal hasil tangkapan nelayan yang dipasarkan di Pasar Ikan Sanggeng, Manokwari, mengalami kenaikan di tingkat pedagang sejak 3 hari terakhir.

Menurut pedagang di pasar ikan Sanggeng, Posko Yenu, Senin (23/12/2019), kenaikan harga ikan ini dipengaruhi oleh faktor cuaca ekstream yang melanda perairan Papua Barat.

“Harga ikan untuk beberapa hari ini melonjak melebihi dari harga biasanya,” terangnya.

Dia mengatakan harga ikan merah, misalnya berukuran besar hingga sedang harga normal Rp 250-300 ribu, naik menjadi Rp400-600 ribu per ekor. Sedangkan untuk ikan ekor kuning harga normal sedang Rp300 – Rp350 ribu naik menjadi Rp 600-700 ribu per ekor.

Selain itu ikan kecil, seperti momar, kombong dan lainnya berada dikisaran pertumpuknya Rp 20,000 ribu/6 ekor dan harga 50.000/14 ekor.

Senada disampaikan pedagang ikan di Pasar Ikan Wosi Jamilu.

“Karena cuaca buruk, hasil tangkapan nelayan jadi berkurang, sedangkan permintaan konsumen meningkat. Ini yang membuat harga jualnya tinggi,” tambahnya.

Sementara, salah satu pembeli saat ditemui, mengaku kenaikan harga ini tentu sangat memberatkan konsumen.

“Untuk sementara kita akan beralih membeli daging ayam dan telur, karena masih mudah dijangkau dibanding harga ikan yang terlalu tinggi,” tukasnya.(chl)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta