11.9 C
Munich
Kamis, Juni 13, 2024

Buka Sosialisasi Tahapan Pilgub 2024, Pj Gubernur Tekankan Jaminan Keamanan dan Tingkat Partisipasi Pemilih

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat menggelar Sosialisasi Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat serta peran strategis stakeholder pemilihan dalam pilkada serentak tahun 2024.

Sosialisasi yang dilaksanakan pada Rabu (22/5/2024) di Hotel Aston Manokwari itu, dibuka secara resmi oleh Pj Gubernur Papua Barat Drs Ali Baham Temongmere MTP, diwakili asisten I bidang pemerintahan Setda PB, Oktovianus Mayor, didampingi Ketua KPU PB Paskalis Semunya.

Turut hadir Perwakilan setiap partai Politik dan Forkopimda terkait.

Oktovianus Mayor saat membacakan sambutan Pj Gubernur mengatakan, tahapan Pilkada sementara berjalan di seluruh Indonesia, dan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati akan dilaksanakan tepat tanggal 27 November 2024.

Untuk itu segala hal terkait dengan pelaksanaan Pilkada tersebut perlu dipersiapkan secara baik untuk mewujudkan Pilkada aman dan damai sesuai harapan bersama.

Ia menekankan 2 hal penting yang perlu diperhatikan bersama yaitu terkait aturan dan ruang lingkup keberhasilan tahapan Pilkada.

ia menuturkan, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di atur di dalam undang-undang otonomi khusus, undang-undang pilkada sesuai UU Nomor 2 tahun 2021 tentang perubahan kedua atas UU nomor 21 tahun 2001 tentang Otsus bagi Provinsi Papua.

Kemudian terkait ruang lingkup kata Mayor partisipasi masyarakat dalam memberikan hak suaranya sangat penting sebagai wujud sikap antusias terhadap rasa cinta kepada Negara Indonesia.

“Tingkat persentasi partisipasi masyarakat dapat di ukur dari jumlah penggunaan hak pilih di TPS , di pemilu pada bulan februari lalu, KPU Papua Barat menetapkan tingkat presentasi partisipasi pemilih dari jumlah DPT,”ujarnya.

Ia juga menekankan soal jaminan keamanan selama tahapan Pilkada berlangsung, peran TNI Polri dan seluruh masyarakat perlu bekerja sama dengan baik mewujudkan daerah aman dan kondusif.

“Tentu TNI polri sudah mengetahui tugas masing-masing. Sinergitas sangat perlu untuk tetap terus dibangun, menjaga situasi kemananan daerah tetap aman kondusif,”ujarnya.(jp/alb)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta