4.6 C
Munich
Rabu, Februari 28, 2024

BPS Kaimana Siap Hadapi Sensus Penduduk Online 2020

Must read

KAIMANA JAGATPAPUA.com – Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Kaimana Melianus.Y. Wamafma, menyatakan siap menghadapi Sensus Penduduk berbasis online yang akan dilaksanakan 15 Februari hingga 31 Maret 2020 serentak di seluruh Indonesia.

“Berbagai persiapan dan kesiapan, kita sudah lakukan sejak tahun 2019 lalu, seperti pemetaan wilayah pemukiman seperti di 84 kampung maupun bukan kampung di wilayah pemerintahan Kaimana,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (21/2/2020).

Selain pemetaan lingkungan, di tahun 2018 lalu juga telah dilaksanakan pemetaan potensi desa, dalam rangka mendukung Sensus Penduduk 2020 tersebut.

“Jadi tahapan yang sudah dilakukan, seperti pencacahan potensi desa, pemetaan wilayah pemukiman, sehingga di tahun 2020, kita tinggal masuk pada pelaksanaan Sensus Penduduk,” tukasnya.

Dia menuturkan Sensus Penduduk Tahun 2020, agak berbeda dari tahun- tahun sebelumnya, yang hanya mengunakan sisten door to door dari rumah ke rumah.

“Sensus kali ketujuh ini gunakan sistem kombinasi, yaitu online dan wawancara. Untuk online masyarakat tinggal masuk melalui link www.sensus.bps.go.id, dan tinggal mengisi identitas berupa NIK, KK dan akta pernikahan. Sedangkan wawancara, akan dilaksanakan 1-31 Juli 2020, di kampung yang belum mendapakan akses internet,” ujarnya.

Dia berharap pada Sensus Penduduk tahun 2020, masyarakat dapat berperan aktif, sehingga pelaksanaannya dapat berjalan baik dan hasilnya akan di gunakan sebagai data Negara yang akurat dan benar.

“Jika semua masyarakat, ASN maupun TNI-Polri, ikut mendukung kegiatan ini, maka ke depan kita sudah mempunyai satu data kependudukan yang valid di Indonesia,” tandasnya.(lc)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta