Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Bantuan Program Tangan Kasih Tahap II Sasar 3.784 Pekerja Informal di Kaimana

Published

on

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, saat menyerahkan bantuan tangan kasih tahap II, bagi pekerja sektor informal di Kaimana.

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap II, melalui Program Tangan Kasih, kembali disalurkan, Senin (14/9/2020).

Kali ini bantuan Pemprov Papua Barat, menyasar 3.784 pekerja di sektor informal yang terdampak Covid-19 di Kabupaten Kaimana.

“Bantuan ini diserahkan untuk membantu meringankan beban pekerja dan ekonomi selama masa tanggap darurat, dan setiap pekerja menerima Rp. 600.000 perbulan dengan total Rp. 1.800.000 terhitung selama tiga bulan,” kata Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan.

Gubernur mengatakan situasi Pandemi Covid-19, dan dampaknya telah banyak membuat keadaan ekonomi menjadi terganggu dan berimbas pada beberapa perusahaan berskala besar maupun kecil mengambil kebijakan merumahkan hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) bagai pegawainya.

“Masalah ketenagakerjaan ini menyangkut hajat hidup orang banyak dan faktanya dari 63.648 pekerja informal dengan jumlah perusahaan 24.476 di Papua Barat, telah merumahkan kurang lebih 6.534 pekerja,” ujar Gubernur.

Melalui Program Tangan Kasih, tambah Gubernur, diharapkan sedikit meringankan beban dan membantu perekonomian para pekerja tersebut.

“Kita harapkan bantuan ini dapat digunakan sebaik-baiknya untuk membantu perekenomian keluargannya,” ucap Gubernur.(top)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adat

Alat PCR Manokwari Resmi Beroperasi, Sematkan Nama Alm. Bupati

Published

on

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– RSUD Manokwari akhirnya memiliki Laboratorium PCR yang diberinama Lab PCR Demas Paulus Mandacan. Kehadiran Lab PCR ini merupakan penantian panjang pemerintah sejak upaya pengadaan beberapa bulan lalu.

Plh Bupati Manokwari, Edi Budoyo mengatakan, pengadaan alat dan laboratorium PCR Kabupaten Manokwari itu sudah lama di rencanakan untuk diadakan.

Kata dia, saat itu terjadi lockdown dan penerapan PSBB berskala besar sehingga sulit untuk mendatangkan alat tersebut.

Tak hanya kendala PSBB, pada saat alat PCR tiba dan belum bisa dioperasikan karena belumadanya tenaga yang akan mengoperasikannya.

“Kita bersyukur penantian panjang itu terjawab dan hari ini alat PCR bisa kita resmikan dan operasikan,”ujarnya usai peresmian Lab.

Sementara itu, Ketua Harian Satgas Covid-19 Manokwari. drg. Hendri Sembiring mengatakan, laboratorium itu bisa melakukan pemeriksaan 90 sampel per hari dengan 3 kali running.

“Pengadaan ini lengkap dengan alat pendukung lain. Kita langsung hibahkan ke RSUD Manokwari,” jelasnya dalam laporan. (alb)

Continue Reading

Adat

Petugas Persampahan Dan Satgas Covid-19 Dapat Jaminan Ketenagakerjaan

Published

on

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– 185 Petugas Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup Manokwari dan 594 Petugas Covid-19 Manokwari menerima kartu BPJS Ketenagakerjaan. Plh Bupati Manokwari, Edi Boduyo menyerahkan simbolis kartu BPJS Kesehatan bagi perwakilan petugas persampahan dan tim satgas.

Dikatakan Plh Bupati, dalam kondisi krisis saat ini, perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan sangat di butuhkan, karena memberikan perlindungan terhadap resiko sosial ekonomi akibat kecelakaan kerja dan kematian.

“Seluruh petugas lapangan telah diberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah daerah selaku pemberi kerja,”ujar Plh Bupati saat penyerahan simbolis Kertu BPJS Ketenagakerjaan di Sekretariat Satgas Covid-19 Manokwari, Senin (21/9/2020)

Plh Bupati lalu meminta petugas persampahan dan Tim Satgas Covid-19 agar dapat bekerja dengan baik dan tetap semangat, serta memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja.

Dia juga mengapresiasi presiasi Dinas lingkungan hidup dan Ketua Satgas Covid 19 yang telah berkoordinasi dengan BPJS ketenagakerjaan hingg terdatanya petugas pada perlindungan jaminan sosial tenaga kerja.(alb)

Continue Reading

Ekonomi & Bisnis

Polri dan TNI Gelar Bansos Untuk Bantu Masyarakat

Published

on

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Ditlantas Polda Papua Barat, dan POM TNI-AD Kodam XVIII Kasuari, menggelar bakti sosial (Bansos), berupa pembagian sembako, masker dan face shield, kepada masyarakat di Kelurahan Wosi, Manokwari, Senin (21/9/2020).

Dirlantas Polda Papua Barat, Kombes Pol Raydian Kokrosono melalui siaran persnya, mengungkapkan kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut HUT Lalu Lintas ke-65, yang jatuh pada tanggal 22 September 2020.

“Baksos ini meliputi pembagian 100 paket sembako, 100 pcs masker dan 100 face shield,” ujarnya.

Dia melanjutkan kegiatan yang dipusatkan di dua titik lokasi, yaitu Pasar Wosi dan jalan Trikora Wosi tersebut, dengan sasaran para pedagang pasar Wosi dan mama Papua penjual pinang.

“Kegiatan ini melibatkan personil baik, dari Ditlantas Polda Papua Barat maupun POM TNI-AD Kodam XVIII Kasuari,” ucapnya.(top)

Continue Reading

Trending

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta