5.3 C
Munich
Sabtu, April 20, 2024

6 Petinju Papua Barat Lolos PON XX

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Ketua Umum KONI Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan M.Si mengapresiasi Pengprov Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Papua Barat dan memberikan semangat kepada 6 atlit mereka yang lolos Pra PON XX di Ternate- Maluku Utara.

“Bangkitkan kembali semangat para juara dan membawa nama baik Papua Barat pada PON XX Tahun 2020 di Jayapura- Papua. Saya apresiasi karena pengurus Pertina sudah berupaya menghasilkan atlit yang penuh semangat dan lolos pra PON,” ujar Dominggus, saat bertemu pengurus Pengprov Pertina dan Atlit, Senin (30/9/2019).

Ketum KONI Papua Barat yang juga Gubernur itu berharap kepada seluruh atlit untuk tetap menjaga kesehatan.

“Kalian harus jaga kesehatan dan stamina. KONI juga harus selalu mendampingi mereka sesuai dengan jadwal agar latihan pun teratur,” pesannya.

Sementara itu, Ketua Pengprov Pertina Papua Barat, Clinton Talo mengungkapkan sekilas perjalanan singkat Pengprov Pertina Papua Barat menuju Pra PON XX.

Sebelum melakukan Training Center (TC), kata Clinton, Pertina Papua Barat terlebih dahulu melakukan seleksi atau penjaringan atlet guna mendapatkan tim inti pada Kejurnas Pra PON XX tersebut.

Proses seleksi diikuti oleh 17 atlet Putri dan 29 atlet Putra di Kabupaten/Kota di Papua Barat dan diseleksi langsung oleh konsultan teknik dari Papua Carol Renwarin, yang merupakan legenda tinju Irian Jaya dan Nasional.

“Seleksi tersebut berhasil menjaring 17 atlit yang terdiri dari 7 atlit Putri dan 10 Putra, serta ada beberapa atlet penyangga (cadangan) untuk menjadi pelapis tim dan menjaga kemungkinan atlet yang cedera,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan Kejurnas tinju pra-PON XX wilayah Timur Tengah Timur 1, Pengprov Pertina berhasil meloloskan enam petinju, terdiri dari 3 petinju Putri yaitu Kristin Jembay di 57 kg, memperoleh medali emas, Adela urbinas 60 kg medali perunggu dan Yamina Babingga 64 kg medali perunggu.

3 petinju Putra yaitu Fernando ayer 46 kg medali perunggu, Felix Heingzst 52 kg medali perunggu, dan onisimus Kurube 75 kg medali perunggu.

Petinju Putri Papua Barat Christine Jembay 57 kg juga mendapatkan penghargaan petinju Putri favorit dan Pertina Papua Barat menempati peringkat ketiga, Pengprov yang tergolong banyak meluluskan 6 petinju, setelah Jawa Barat 10 petinju dan Nusa Tenggara Timur 8 petinju dari 21 provinsi pada Kejurnas tersebut.

Dia juga menambahkan, Pertina Papua Barat juga akan mengikuti Kejurnas pra-PON XX wilayah Tengah Timur di Bogor pada awal Desember 2019.

“Tujuan Kejurnas Pra PON dua ini untuk merebut tiket sisa (kelas yang kalah pada pra-PON pertama,” tandasnya.(me)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta